Jejeran Buah yang Ampuh Sebagai Penurun Darah Tinggi

By | May 8, 2018

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, mulai dari sekarang Anda harus lebih berhati-hati, karena Anda berisiko terkena penyakit yang membahayakan seperti serangan jantung, stroke dan penyakit ginjal. Sebagian orang tak menyangka bila dirinya memiliki penyakit hipertensi, sehingga mereka selalu merasa sehat, padahal ada beberapa gejala hipertensi seperti detak jantung tak beraturan, kelelahan hingga gangguan penglihatan.

Sekilas Mengenai Darah Tinggi

Salah satu hal yang berbahaya dari hipertensi adalah penderita tak mengetahui sedang mengidapnya. Bahkan satu per tiga orang yang hipertensi tidak mengetahuinya. Tekanan darah seseorang ditandai dengan tekanan darah sistolik serta diastolik. Tekanan darah berkategori normal, biasanya sistoliknya tak lebih dari 120, dan diastoliknya kurang dari 80. Bila sistolik 120 hingga 139 atau diastoliknya 80 hingga 89, dapat dikatakan menuju hipertensi, jika lebih dari 140 dan diastolik lebih dari 90, dikatakan sebagai hipertensi.

Jejeran Buah yang Ampuh Sebagai Penurun Darah Tinggi

Penyebab Hipertensi

Tekanan darah tinggi terbagi primer dan sekunder. Untuk jenis primer, tak diketahui penyebabnya dengan pasti, sedangkan sekunder biasanya dikarenakan oleh beberapa kondisi seperti penyakit ginjal, kehamilan, penyakit yang menyerang kelenjar tiroid, tumor adrenal, kelainan bawaan pembuluh darah, kecanduan alkohol, gangguan pernapasan yang terjadi ketika tidur, dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pereda rasa sakit dan penurun panas.

Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Untuk menurunkan darah tinggi, Anda harus mengkonsumsi obat yang diberi dokter. Sebenarnya, bukan hanya obat karena ada beberapa acara yang dianjurkan untuk membantu menurunkan tekanan darah, seperti berolahraga, mengurangi asupan garam, tak mengkonsumsi minuman berakohol, dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah.

Baca juga http://obatperawatan.com/

Untuk jenis buah, berikut ada beberapa buah yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi, antara lain:

  • Pisang. Pisang memiliki kandungan kalium yang dapat menyeimbangkan jumlah garam dalam sel tubuh. Semakin banyak kalium dapat mencegah hipertensi. Anda dapat mengkonsumsi pisang secara utuh.
  • Kiwi. Buah dengan warna hijau dan berukuran kecil ini mempunyai rasa manis yang cukup tajam. Kiwi juga kaya dengan kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin C serta kalium. Kiwi juga mempunyai kandungan antioksidan dan serat yang baik bagi tubuh. Kiwi dapat membantu Anda jauh dari hipertensi.
  • Semangka. Semangka mempunyai kandungan vitamin C, A dan kalium yang penting bagi tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan jika semangka bisa membantu menjauhkan Anda dari hipertensi. Semangka juga menjadi buah yang dianjurkan bagi mereka yang memiliki hipertensi.
  • Anggur. Semua jenis anggur memiliki kandungan polifenol, polifenol juga terkenal sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Daging dan kulit buah anggur memiliki kandungan polifenol dan mempunyai antioksidan yang tinggi. Anggur juga baik bagi Anda karena memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *