Jenis-Jenis Obat Herbal yang Berkhasiat Mengobati Berbagai Jenis Penyakit

By | August 9, 2016

Semakin majunya teknologi dan perkembangan jenis obat-obatan tidak membuat obat yang berasal dar bahan alam ditinggalkan. Obat herbal adalah salah satu alternatif penyembuhan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Banyak orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk obat herbal dengan alasan lebih aman dibandingkan bahan kimia. Dari segi harga, obat herbal lebih murah dan bisa diolah atau dibuat sendiri di rumah. Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara memiliki obat herbal dengan bahan dan ramuannya yang khas.

Baca Juga: Kiat Memilih Metode Pengobatan Herbal

Berikut ini akan kami informasikan beberapa jenis obat-obatan herbal dan khasiatnya:

Temulawak

Temulawak  yang memiliki nama latin curcuma xanththorhiza roxb merupakan tanaman dari keluarga jahe. Tanaman ini merupakan tanaman obat asli Indonesia dan tersebar di berbagai pulau seperti di Jawa, Kalimantan dan Madura.

Tumbuhan yang memiliki bau harum dengan rasa sedikit pedas agak pahit ini digunakan sebagai obat sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang. Tanaman ini berkhasiat mengobati berbagai penyakit, seperti: mengobati diare, maag, sakit kuning, perut kembung dan pegal-pegal. Selain itu temulawak dipercaya dapat menurunkan kandungan lemak yang terdapat di dalam darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah dan memelihara daya tahan tubuh.

Sambiloto

Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tanaman keluarga Acanthaceae. Tanaman ini dikenal karena rasanya yang super pahit. Namun dibalik rasanya, tanaman ini memiliki sifat melindungi hati dari efek galaktosamin dan parasetamol. Selain itu, sambiloto berkhasiat untuk menahan pertumbuhan sel kangker.

Tanaman ini berasal dari negara India dan Srilangka namun juga bisa dijumpai di negara Asia seperti di Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa benua di Amerika.

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman berupa semak memiliki sifat tahunan (perennial). Tumbuhan ini tersebar di seluruh daerah tropis dan tumbuh subur di sekitar hutan atau tanah-tanah bekas kebun.

Tanaman yang dikenal sebagai bumbu masak ini juga dikenal sebagai bahan jamu dipercaya berkhasiat membersihkan, mengeringkan, menyejukkan, menghilangkan gatal-gatal dan menyembuhkan kesemutan.  Selain itu rimpang pada kunyit bermanfaat sebagai anti oksidan, pencegah kangker, menurunkan kadar lemak dalam darah, pembersih darah, anti tumor, anti inflamasi dan menurunkan kolesterol.

Keiji Beling

Keiji beling memiliki nama-nama yang berbeda pada setiap daerah. Di Jawa tanaman ini dikenal dengan sebutan sambaing geteh, di Sunda disebut remek daging atau reundeu beureum. Sedangkan di ternate disebut Lire.

Keiji beling mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti: natrium, kalsium dan kalium, tannin, glikosida dan asam silikat. Ada banyak khasiat yang bisa diambil dari daun tanaman ini, jika direbus lalu diminum airnya berkhasiat mengobati: disentri, batu ginjal dan penurun kolesterol. Sedangkan daun yang dimakan sebagai lalapan secara teratur bisa dijadikan obat herbal mengobati kencing manis, penyakit lever, ambient dan maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *