Jenis-jenis Pekerjaan di Dunia Medis

By | July 24, 2017

Dunia medis tentunya berkaitan erat dengan kesehatan, ada banyak orang ingin bekerja di bidang medis ini. Ada banyak ragam pekerjaan yang bisa menjadi pilihan di bidang medis ini, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Dunia Medis : Pertolongan Pertama Luka Bakar Secara Medis

  1. Dokter

Pekerjaan sebagai dokter biasanya menjadi tujuan pertama seseorang yang ingin bekerja di bidang medis. Untuk menjadi dokter tentunya tidaklah mudah, seseorang harus menjalani pendidikan yang tidak sebentar, menjalani koas, dan menjalani praktek. Belum lagi dari sisi keuangan tentunya membutuhkan finansial yang kuat untuk menjadi seorang dokter, terkecuali jika memperoleh beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan di fakultas kedokteran.

  1. Perawat

Setiap dokter tentunya membutuhkan perawat agar pekerjaan lebih mudah, biasanya untuk menjadi perawat tak hanya harus tahu perihal medis, akan tetapi juga harus ramah saat berinteraksi dengan pasien, dan harus selalu siap sedia karena dituntut untuk kerja cepat. Untuk menjadi perawat, biasanya harus menjalani pendidikan selama tiga tahun di akademi, dan apabila kuliah s1 keperawatan butuh waktu selama 4 tahun. Dan jika ingin melanjutkan studi, ada beberapa pilihan spesialis, seperti perawatan anak atau perawatan syaraf.

  1. Apoteker

Apoteker mempunyai keahlian serta pengetahuan khusus dalam hal obat-obatan serta kemampuan untuk membaca tulisan dokter pada kertas resep. Apabila suka pelajaran kimia dan berhitung, maka apoteker adalah profesi yang tepat. Dengan menjadi apoteker tetap bisa menyehatkan masyarakat dengan obat hasil racikan agar bisa segera sembuh. Apabila ingin menjadi apoteker maka harus kuliah di jurusan farmasi lalu melanjutkan sekolah profesi apoteker selama 1 tahun.

  1. Analis Kesehatan

Ketika bekerja, selain membutuhkan bantuan perawat, dokter juga membutuhkan analis kesehatan untuk mendeteksi penyakit. Hasil analisis dari urin atau sampel darah merupakan hal yang sangat penting untuk dokter melakukan diagnosis suatu penyakit. Profesi analis kesehatan ini belum terlalu populer di Indonesia, padahal profesi ini sangatlah dibutuhkan.

  1. Radiografer

Profesi lain di dunia medis yang tak kalah bergengsi adalah radiografer. Dalam menjalankannya pekerjaannya didukung dengan adanya perkembangan teknologi seperti menggunakan USG empat dimensi. Pekerjaan ini memang mempunyai resiko serta kerumitan cukup tinggi, akan tetapi akan terasa kepuasan batin ketika berhasil menganalisis organ dalam tubuh pasien.

  1. Perekam Medis

Perekam medis ini bekerja di bidang medis dalam hal penyimpanan dan perekaman data-data medis pasien, seperti alergi, operasi, dan pengobatan apa saja yang pernah dilakukan, hingga silsilah penyakit dalam keluarga pasien. Dengan adanya rekam medis yang baik, akan membantu dokter untuk mengetahui ‘sejarah’ kesehatan pasien sehingga bisa menentukan penyakit dan pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa profesi yang bisa dipilih di dunia medis, untuk bekerja dalam bidang medis, pertama-tama jangan berpikir tentang gaji, tapi harus memiliki jiwa sosial yang baik untuk bisa menyelamatkan dan menyembuhkan penyakit pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *