Jenis Jenis Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya

By | November 7, 2016

Walaupun teknologi obat-obatan semakin maju dan modern, tidak membuat obat tradisional dilupakan. Masih banyak orang yang percaya dan menggunakan metode pengobatan secara tradisional menggunakan bahan alam yang dikenal dengan istilah obat herbal.

Obat herbal dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit dan menjadi salah satu cara penyembuhan alternatif. Ada banyak alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan obat tradisional, diantaranya karena lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan menggunakan obat kimia.

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan penyembuhan alternatif. Resep dan cara membuat obatnya sudah ada sejak nenek moyang yang diturunkan secara turun menurun. Berikut ini adalah jenis-jenis obat-obatan herbal dan khasiatnya:

Temulawak

Temulawak atau curcuma zanthorhiza roxb adalah tanaman dari keluarga jahe. Tanaman asli Indonesia ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia terutama di pulau Jawa, Kalimantan dan Maluku.

Temulawak sudah ama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti: sakit diare, mag, perut kembung, sakit kuning, rematik, pegal-pegal, menambah nafsu makan dsb. Selain itu, temulawak bisa digunakan untuk menurunkan kadar lemak darah, mencegah penggumpalan darah, antioksidan dan memelihara kesehatan, daya tahan tubuh.

Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman yang sifatnya tahunan, tersebar di seluruh daerah yang memiliki iklim tropis. Kunyit banyak digunakan untuk jamu karena sifatnya menyejukkan, membersihkan, menghilangkan gatal, mengeringkan luka dan dapat menyembuhkan kesemutan.

Baca juga: OBAT HERBAL YANG AMAN

Tanaman rimpang ini bermanfaat untuk mengobati atau mencegah kanker, tumor, menurunkan kadar lemak, menurunkan kolesterol dan pembersih darah kotor.

Keji Beling atau Sambang Geteh

Keji beling atau di Jawa disebut sambah geteh dan di Sunda di sebut remek daging adalah tamanan obat yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Karena tumbuhan ini memiliki kandungan mineral yang banyak, seperti: kalium, natrium, kalsium dan unsure mineral lainnya. Selain itu terdapat juga tannin, glikosida dan asam silikat.

Manfaat keji beling adalah mengobati penyakit batu ginjal, menurunkan kadar kolesterol, obat disentri. Bagian daunnya bisa untuk mengobati kencing manis, penyakit kuning (lever), wasir (ambien) dan maag.

Sambiloto

Sambiloto atau andrographis paniculata adalah tanaman jenis herba. Sambiloto terkenal karena rasanya yang pahit. Namun dibalik rasa pahitnya ternyata mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Rasa pahit sambiloto karena andrographolide yang memiliki sifat melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol.

Tempuyung

Tanaman tempuyang berkhasiat menghancurkan batu ginjal karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Endapan batu ginjal akan larut dan terbawa oleh air kencing. Cara mengkonsumsi tempuyang untuk obat batu ginjal bisa dimakan menjadi lalapan bersama nasi atau dijadikan minuman obat.

Demikian pembahasan jenis-jenis tanaman herbal. Selain tanaman tersebut masih ada jenis tanaman lainnya yang bisa dijadikan obat herbal. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *