Jenis Penyakit Menular dan Tips Mencegahnya dengan Tepat

By | October 25, 2017

Penyakit mempunyai banyak jenis yang ada seperti misalnya bisa dipisahkan dari penyakit yang dapat menular dan tidak. Penyakit yang tidak menular merupakan penyakit yang hanya diderita oleh orang tersebut dan tidak akan menularkan kepada orang lain yang dekat dengan dirinya. Sedangkan untuk penyakit menular adalah yang bisa untuk ditularkan kepada orang lain yang dekat dan mempunyai kontak fisik dengan penderita penyakit yang menular tersebut. Oleh karena itulah penyakit yang menular ini harus dihindari dengan beberapa cara sehingga orang lain tidak akan tertular dengan penyakit tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan penyakit yang menular tersebut adalah:

Baca juga: Penyakit Berbahaya dari Bagian Kelamin yang Perlu Anda Tahu

  • Menggunakan masker, sarung tangan, dan juga baju steril

Langkah pertama untuk menghindari penyakit yang menular adalah menggunakan beberapa alat pelindung. Seperti ketika berjalan keluar maka Anda dianjurkan untuk menggunakan masker agar tidak mudah tertular berbagai penyakit yang mudah menular lewat udara seperti misalnya flu, batuk, dan banyak penyakit lainnya. Oleh karena itulah apabila Anda keluar sebaiknya menggunakan masker dan juga sarung tangan agar lebih higienis. Berbeda dengan di rumah sakit yang harus menggunakan baju steril untuk dapat lebih memaksimalkan pencegahan penyakit yang bisa menular yang diderita oleh pasien.

  • Cuci tangan dan juga barang

Langkah kedua untuk mencegah penyakit menular adalah dapat untuk menjaga kesehatan sendiri. Dari cuci tangan rutin sehingga dapat untuk terhindari dari banyak kuman yang dapat untuk menularkan penyakit dengan mudah. Anda bisa untuk menggunakan hand sanitizer agar tangan juga lebih bersih dan terbebas dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit yang menular. Atau langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan mencuci barang seperti pakaian, alat makan, dan juga barang lainnya. Sehingga Anda tidak akan terkena penyakit yang menular karena menggunakan barang yang sama dengan penderita penyakit yang bisa menular tersebut.

  • Tidak berhubungan seksual dengan penderita

Dan terakhir adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki penyakit yang menular. Sehingga Anda juga terbebas dan tidak ditulari penyakit yang menular tersebut. Karena biasanya ada beberapa penyakit yang bisa menular lewat sperma sehingga akan sangat berbahaya apabila melakukan hubungan seksual. Oleh karena itulah pastikan untuk memakai kondom atau bisa untuk menghindari sama sekali untuk berhubungan seksual dengan seseorang yang mempunyai penyakit dapat menular.

Di atas merupakan cara dan langkah mudah agar Anda dapat untuk menghindari penyakit menular. Dimana dengan begitu Anda tidak akan terserang atau terjangkit penyakit yang merupakan tularan dari penyakit orang lain. Seperti yang telah dijelaskan di atas, langkah yang dapat untuk menghindari penularan sendiri tergantung dari penyakitnya sehingga Anda perlu waspada terhadap penularan penyakit tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *