Jenis Tanaman di Sekitar yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Herbal

By | August 31, 2018

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya bagi manusia. Karenanya berapapun nominal biaya akan dikeluarkan untuk bisa mempertahankannya. Meski begitu, tak sepenuhnya kesehatan hanya bergantung pada obat-obatan yang memiliki harga mahal. Obat herbal atau obat dari tanaman sekitar juga bisa memberikan manfaat kesehatan dan sudah dibuktikan bertahun-tahun oleh nenek moyang. Sayangnya tak semua orang mengetahui dengan jelas jenis tanaman apa yang memiliki khasiat sebagai obat sehingga bisa menanam dan membudidayakannya untuk dapat digunakan secara luas.

Jenis Tanaman di Sekitar yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Herbal

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang ada di sekitar dengan berbagai kandungan zat aktifnya yang bisa menjadi pilihan obat alternatif selain obat kimia.

  • Daun sirsak.

Buah sirsak merupakan buah yang enak dikonsumsi apalagi saat hari panas. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang memberikan manfaat melainkan juga daunnya. Rebusan daun sirsak memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, anti bakteri yang efektif untuk menyembuhkan penyakit paru, anti kanker, mengobati diabetes, mengobati Kista ovarium, dan mengobati asam urat.

  • Daun pepaya.

Satu lagi tanaman buah yang daunnya bisa dijadikan obat yaitu pepaya. Daun pepaya yang kaya akan enzim papain sudah populer digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Selain itu daun pepaya juga dapat dijadikan obat penurun panas untuk membantu mengatasi gejala demam berdarah.

  • Jeruk nipis.

Buah yang satu ini sudah kondang sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk berdahak. Peras jeruk nipis dan campur dengan minuman hangat untuk mengencerkan dahak penyebab batuk. Selain untuk batuk, jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengatasi batu ginjal, vertigo, penyakit amandel hingga darah tinggi.

  • Buah mengkudu.

Buah mengkudu mungkin bukanlah pilihan buah untuk dikonsumsi secara langsung karena memiliki rasa yang tak enak. Namun dibalik rasanya yang pahit dan getir, buah mengkudu menyimpan banyak khasiat sebagai obat. Beberapa diantaranya adalah sebagai penambah daya tahan tubuh, melancarkan sistem peredaran darah sehingga mencegah darah tinggi, melegakan perut kembung, anti kanker dan mengobati sakit kuning.

Baca juga: Cara Tepat Untuk Mengenali Produk Herbal

  • Rempah-rempah.

Selain tanaman dari jenis buah, Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman rempah-rempah. Jahe misalnya dapat Anda andalkan untuk melegakan tenggorokan jika disedu sebagai minuman. Kunyit untuk sistem pencernaan, kayu manis untuk mengobati penyakit jantung dan masih banyak lagi rempah-rempah yang bermanfaat.

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa Anda budidayakan untuk diambil manfaatnya sebagai obat herbal. Selain tanaman tersebut pastinya masih banyak lagi jenis tanaman lainnya yang bisa tumbuh liar ataupun dikembangbiakkan oleh manusia. Mengkonsumsi obat alami saat ini menjadi pilihan yang bijak untuk gaya hidup sehat dalam rangka mencegah timbulnya penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *