Kelebihan dan Kekurangan Pengobatan Alternatif

By | August 15, 2017

Pada umumnya, di masyarakat ada dua jenis pengobatan, yaitu pengobatan medis serta pengobatan alternatif. Sebagian masyarakat masih memilih pengobatan medis, namun tak sedikit yang lebih bertahan untuk menggunakan pengobatan herbal. Berikut ini ialah kelebihan serta kekurangan dari pengobatan metode alternatif yang harus diketahui:

Kelebihan

  1. Menggunakan Pendekatan Holistik

Pengobatan non medis atau alternatif biasanya menganggap jika semua gejala penyakit merupakan satu kesatuan. Pengobatan non medis lebih berfokus pada langkah-langkah praktis yang pada dasarnya mengobati kondisi ketika sudah sakit, praktik pengobatan non medis tidak hanya untuk penyembuhan kesehatan fisik saja, akan tetapi juga menyembuhkan sisi emosional serta spiritual pasien.

  1. Lebih Bersifat Pribadi

Pengobatan non media lebih bersifat pribadi sehingga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien yang berbeda-beda dibandingkan pengobatan medis yang cara pengobatan pada pasiennya sama di seluruh dunia. Oleh karena itu pengobatan non medis lebih berfokus di tubuh pasien yang tentunya mempunyai keunikan masing-masing.

  1. Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu faktor utama yang bisa menjadi penyebab melemahnya imun di tubuh seseorang. Oleh sebab itu, dalam pengobatan non medis berusaha untuk mengurangi stres sebagai upaya untuk melawan penyakit serta menyembuhkannya, misalnya dalam hal penyembuhan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Murah

Kebanyakan pengobatan non medis harganya lebih murah jika dibandingkan dengan pengobatan medis, hal ini juga yang menyebabkan banyak orang memilih pengobatan non medis. Pengobatan non medis biasanya memakai bahan herbal dalam mengobati penyakit yang mana biasanya tidak melakukan riset dalam hal pengembangan bahan tersebut sehingga biayanya pun lebih murah dan terjangkau.

  1. Tidak Merusak

Pengobatan non medis biasanya menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk tubuh, sehingga penggunaan obat-obat herbal ini tidak merusak tubuh. Hal ini tentunya berbeda dengan obat-obatan medis yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

Kekurangan

  1. Waktu Penyembuhan Lama

Untuk waktu penyembuhan, biasanya terapi alternatif bekerja dengan mengobati penyakit dari akarnya hingga penyembuhannya pun tidak bisa instan dan butuh waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, bagi yang menggunakan pengobatan herbal sebaiknya diimbangi dengan pengobatan medis.

  1. Butuh Dedikasi Pasien

Pengobatan medis biasanya hanya butuh rutinitas meminum obat-obatan berupa pil, sedangkan untuk pengobatan non medis dibutuhkan juga perubahan gaya hidup yang harus dilakukan oleh pasien supaya terapi bekerja secara efektif. Oleh sebab itu, pengobatan alternatif membutuhkan kedisiplinan serta keseriusan pasien agar hasil pengobatan bisa maksimal.

  1. Tidak Teruji Klinis

Pengobatan non medis sering menjadi sorotan karena obat-obatannya tidak diuji ilmiah dan sebagian belum terbukti keefektifannya karena belum teruji klinis serta belum mendapat persetujuan dari pemerintah.

Itulah kelebihan serta kekurangan dari pengobatan alternatif yang harus diketahui agar bisa memilih mana pengobatan yang sekiranya tepat. Akan tetapi sebaiknya dalam pengobatan, dilakukan secara seimbang, antara pengobatan medis dan pengobatan non medis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *