Kelebihan Pengobatan Herbal yang Perlu Anda Tahu

By | September 20, 2016

Pengobatan herbal sudah menjadi hal baru di dunia kesehatan. Dalam beberapa hal, pengobatan ini kadang dikombinasikan dengan pengobatan modern untuk memberikan hasil yang maksimal. Sekarang banyak klinik-klinik menawarkan pengobatan berbahan dasar herbal yang bebas dari bahan kimiawi. Bahkan, beberapa orang memutuskan beralih sepenuhnya kepada pengobatan ini dari sebelumnya bergantung kepada pengobatan modern.

Pengobatan berbahan dasar herbal telah ada dan digunakan sejak masa nenek moyang. Beberapa peneliti menemukan fakta bahwa bangsa Cina dan Mesir telah memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan tertentu untuk tujuan pengobatan sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Bangsa Cina dan Mesir menuliskan fakta ini pada dokumen yang ditulis di kertas papyrus berisikan kehidupan mereka pada jaman itu. Penggunaan tanaman herbal ini terus meningkat hingga saat ini WHO mencatat 80% dari total populasi di dunia bergantung kepada pengobatan jenis ini.

Komposisi dan bahan-bahan yang digunakan dalam pengobatan jenis ini sangat banyak macamnya. Para peneliti dan ilmuwan belum dapat memastikan berapa banyak jumlah tanaman herbal yang digunakan dalam proses pengobatannya. Seringkali dalam pembuatannya, tanaman-tanaman herbal ini dikombinasikan untuk memberikan benefit maksimal. Tetapi peneliti menemukan beberapa jenis tanaman herbal yang lazim dan umum digunakan untuk pengobatan tradisional dan herbal di Amerika Serikat yaitu:

  • Echinacea (Echinacea purpurea).
  • Ginseng, bisa berupa Asian Ginseng maupun American Ginseng.
  • Chamomile.
  • Jahe atau Ginger (Zingiber officianale).
  • Ginkgo (Ginkgo Biloba).

Tidak ada definisi pasti untuk pengobatan herbal. Tetapi, Universitas Maryland di Amerika Serikat mendefinisikan pengobatan jenis ini dengan penggunaan akar tumbuhan, dedaunan, bunga-bungaan maupun biji-bijian untuk tujuan pengobatan dan kesehatan. Seperti halnya suatu produk, tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini akan dijabarkan mengenai kelebihan pengobatan dari tumbuhan herbal yang dapat dijadikan pertimbangan:

  1. Harga lebih terjangkau. Dibandingkan pengobatan modern yang menggunakan alat-alat tertentu, pengobatan jenis ini lebih murah karena bahan-bahannya yang dapat dengan mudah ditemukan di alam khususnya di Indonesia yang ditanami beragam tumbuhan herbal.
  2. Bebas bahan kimiawi. Karena berbahan dasar tumbuhan, kandungan maupun cara-cara yang digunakan dalam pengobatan terbebas dari bahan kimiawi. Produk berkualitas tentu menjamin kemurnian alami komposisi bahan.
  3. Minim efek samping. Tidak seperti pengobatan modern, pengobatan yang berbahan dasar herbal seperti sudah dijelaskan sebelumnya bebas dari bahan kimiawi. Selain itu, bahan-bahan alami yang ada cenderung lebih mudah diterima dan diserap oleh tubuh sehingga efek samping yang ditimbulkan minimal bahkan tidak ada.

Baca juga: Keunggulan Dari Ramuan Herbal untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Dari kelebihan-kelebihan tersebut, tidak heran jika kemudian banyak orang yang beralih menggunakan pengobatan jenis ini. Meski demikian, konsumen dan pasien juga harus pintar-pintar memilih produk maupun pengobatan ini. Hal ini dikarenakan kualitas dan mutu yang kurang baik dari produsen justru malah menurunkan manfaat yang dimiliki tanaman-tanaman herbal. Alih-alih berhemat, konsumen bisa merugi hanya karena kurang cermat dalam memilih jenis dan produk yang akan digunakan.

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya konsumen berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan herbal. Sebab berhasil atau tidaknya pengobatan ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Bisa jadi ada kandungan-kandungan maupun metode di dalamnya yang ternyata kurang cocok dengan kondisi fisik pasien. Ketidakcocokan ini dalam beberapa kasus dapat menimbulkan alergi pada pasien. Maka konsultasi dan sikap kehati-hatian perlu dilakukan dan dimiliki oleh konsumen sebelum menggunakan metode pengobatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *