Kenali 4 Hal yang Menyebabkan Penyakit Kista Berikut Ini!

By | February 22, 2018

Kista atau penyakit kista merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh kaum perempuan dan menjadi momok menakutkan. Pasalnya kista sendiri bisa mempengaruhi kesuburan sehingga proses kehamilan semakin sulit untuk terjadi. Meski begitu ilmu kedokteran sudah semakin canggih sehingga penyembuhan dari kista ini lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Kista sendiri merupakan penyakit dengan penampakan berupa benjolan berisi cairan yang menempel pada dinding rahim. Mengetahui adanya benjolan ini tentu perlu dilakukan USG oleh dokter kandungan.

Penyebab Kista Pada Wanita

Atasi Penyakit Kista dengan 4 Cara Alami dan Efektif Berikut Ini!

Meski kista bisa pula dialami oleh pria namun kasus yang sering dijumpai terjadi pada wanita terutama pada rahim. Penyebab dari penyakit ini ternyata beragam, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Tinggal di kawasan yang terkena polusi,

Polutan menjadi salah satu pemicu pertumbuhan kista pada rahim wanita sehingga perlu hati-hati dalam memilih tempat tinggal. Semisal dekat dengan pabrik yang kebetulan sistem pengolahan limbahnya tidak begitu bagus untuk kesehatan lingkungan sekitar. Apabila memang sulit dihindari karena terlanjur membeli rumah di kawasan tersebut baiknya mencoba hidup sehat dan menjaga makan dan rajin berolahraga sebagai pencegahan kista.

  • Konsumsi makanan yang sifatnya karsinogenik,

Makanan tertentu yang diolah dengan peralatan maupun dengan metode pematangan tertentu pula bisa memiliki sifat karsinogenik. Karsinogenik ini membuat tubuh rentan mengalami kanker dan penyakit kistapun bisa ikut dipicu pertumbuhannya. Maka hindari penggunaan piranti masak yang sudah mulai berkarat atau rusak untuk mencegah resiko makanan bersifat karsinogenik. Pastikan pula dimasak secara maksimal agar matang merata dan bersih, hindari makanan yang dibakar dengan arang terlalu sering.

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak,

Konsumsi makanan berlemak juga bisa memicu kista secara cepat sehingga kalau sudah sangat besar tindakan operasi tidak bisa dihindari lagi. Hindari konsumsi makanan berlemak, lemak memang tetap diperlukan tubuh namun batasi porsinya. Sebab jika konsumsi lemak ini berlebihan bisa memicu produksi hormon testosteron secara berlebihan. Sebab lemak tak sehat ini sulit dipecah tubuh ketika metabolisme bekerja dan akibatnya ketidakseimbangan hormon terjadi, lalu berakhir dengan pertumbuhan kista.

Baca juga Atasi Penyakit Kista dengan 4 Cara Alami dan Efektif Berikut Ini!

  • Terjadi masalah pada hormonal tubuh,

Secara genetik tubuh seseorang bisa saja mengalami kondisi hormonal yang abnormal dan pada wanita riskan kemungkinan mengalami kista. Usahakan untuk memperhatikan gaya hidup supaya bisa memperbaiki kondisi hormonal secara alami tanpa perlu obat-obatan. Bagi Anda yang tengah menjalani promil pun usahakan atas saran dokter kandungan atau spesialis fertilitas. Sebab ketika memiliki masalah hormonal dan asal promil dengan Vitamin E otomatis akan memicu pertumbuhan kista. Jangan sampai melakukan kesalahan yang disesali seumur hidup, dan ketahui semua ciri-ciri dari penyakit kista agar bisa segera ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *