Kenali Penyebab dan Gejala Awal Penyakit Difteri Menyerang Kesehatan Anda

By | May 26, 2018

Difteri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh salah satu virus yang berbahaya, di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali masyarakat yang mengalami penyakit tersebut. Bahkan dari suatu laman dikatakan dimana Indonesia berada pada posisi kedua terbesar orang yang mengidap penyakit difteri terbanyak sedunia setelah India. Ini artinya masih ada kemungkinan besar virus tersebut terus menyebar jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Dikhawatirkan akan ada semakin banyak orang yang meninggal akibat serangan tersebut, hampir 90% orang yang dinyatakan sakit tersebut memang tidak mempunyai riwayat imunisasi secara lengkap.

Kenali Penyebab dan Gejala Awal Penyakit Difteri Menyerang Kesehatan Anda

Umumnya pemerintah telah mencanangkan beberapa jenis imunisasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah berbagai penyakit, salah satu yang paling penting adalah difteri. Tetapi hal itu kembali lagi kepada daya tubuh seseorang itu sendiri. Makanya Anda perlu menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan berkembangnya penyakit tersebut seperti:

  1. Mencium bersin ataupun ludah orang yang sudah menderita difteri, ini merupakan masalah penularan yang cukup umum sekali terjadi.
  2. Lalu penyebab kedua bisa juga dari penggunaan barang yang sama dengan orang yang sudah menderita difteri, ini bisa berupa apa saja mulai dari mainan, pakaian, handuk ataupun yang lainnya.
  3. Kemudian bersentuhan secara langsung juga bisa menjadi penyebab utama Anda terserang penyakit tersebut. Apalagi jika lingkungan tempat tinggal yang kumuh dan sangat padat penduduk pasti mempunyai kemungkinan besar terserang yang sama.

Selain mengetahui beberapa penyebab diatas ada baiknya juga Anda memahami apa gejala umum jika anak ataupun anggota keluarga lainnya terserang penyakit difteri yang cukup berbahaya. Umumnya memang bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut akan membunuh sel-sel dalam tenggorokan setelah itu membentuk segala membrane pada tenggorokan. Nah, untuk pemahaman selengkapnya berikut ini ada ciri-ciri yang perlu Anda pahami yaitu:

  1. Pertama terlihat adanya lapisan yang berwarna abu-abu pada bagian tenggorokan, bahkan sampai dengan menutupi amandel.
  2. Suhu badan yang terus mengalami peningkatan drastis sampai dengan menggigil.
  3. Serak yang tidak kunjung reda dan sakit tenggorokan semakin menjadi-jadi.
  4. Pernafasan yang mulai terganggu, semakin sulit bahkan tidak bisa napas dengan cepat.
  5. Selalu merasa lemas atau lelah dengan berbagai aktivitas yang sedang dilakukan.
  6. Flu yang disertai dengan ingus cair tetapi lama-kelamaan mengental dan keluar bersama darah.

Baca juga Berikut 4 Jenis Penyakit Menular yang Berbahaya di Dunia

Itulah sedikit gejala umum yang dapat Anda pahami supaya mengenal apakah memang penyakit yang diderita tersebut perlu tindakan cepat atau penyakit normal. Selain diatas terkadang penyakit difteri juga bisa menyerang pada bagian kulit, secara otomatis hal itu akan menyebabkan luka. Parahnya luka tersebut akan sembuh dalam waktu yang cukup lama sampai dengan berbulan-bulan. Makanya perhatikan kesehatan diri, orang lain dan semua hal yang ada di lingkungan Anda dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *