‘KERSEN’ Obat Alami Atasi Diabetes

By | August 1, 2018

Kersen atau ada pula yang menyebutnya sebagai buah talok ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk menurunkan gula darah. Obat alami untuk mengatasi diabetes, seperti yang kita ketahui bahwa gula darah yang tinggi merupakan gejala dari penyakit diabetes.

Buah kersen adalah sejenis buah-buahan kecil yang berwarna hijau pada saat muda dan akan berubah menjadi warna merah saat buah matang. Buah yang memiliki nama ilmiah muntingia calabural ini banyak tumbuh di pinggir jalan. Tinggi pohon kersen bisa mencapai 12 meter. Memiliki karateristik bergerigi dan berujung runcing. Buahnya yang memiliki rasa manis membuatnya banyak disukai oleh anak-anak.

‘KERSEN’ Obat Alami Atasi Diabetes

Siapa yang menyangka bahwa banyak kandungan senyawa yang baik yang berguna untuk tubuh diantaranya vitamin B, vit. C, mineral, serat, dan juga karotin serta niacin. Senyawa yang terkandung di dalam buah kersen ternyata mampu untuk menjadi obat alami untuk mengatasi diabetes. Daun kersen juga mengandung senyawa kimia golongan flavonoid dan saponin yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mampu bekerja menjadi anti oksidan yang berguna untuk proses sekresi hormon insulin yang dibutuhkan dalam proses metabolisme gula.

Melihat kandungan yang terdapat pada buah dan daun kersen maka keduanya bisa sama-sama bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes. Cara termudah untuk memanfaatkannya adalah dengan memakan buah kersen secara langsung. Sedangkan untuk daunnya memerlukan proses terlebih dahulu yakni dengan cara mengambil beberapa gr daun kersen lalu dicuci hingga bersih kemudian rebus dengan 7 gelas air. Pastikan sampai mendidih dan air berkurang menjadi hanya kira-kira 1 gelas. Setelah nya pastikan untuk menyaring air rebusan tersebut sebelum diminum.

Minum air rebusan daun kersen sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau jika tidak ingin repot setiap hari bisa juga dengan menjadikan daun kersen kering menjadi bentuk ekstrak sehingga tinggal diseduh.

Selain bermanfaat sebagai penurun kadar gula darah ternyata buah kersen juga memiliki khasiat yang menakjubkan lagi sebagai obat alami beberapa penyakit yang lain seperti:

  • Membantu untuk menghancurkan mikroba yang berbahaya bagi tubuh dengan cara mengkonsumsinya secara langsung.
  • Mengobati asam urat
  • Berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker serta senyawa anti tumor
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan tingkat resiko stroke
  • Bisa juga untuk menjaga kesehatan mata karena di dalam buah kersen gterdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi
  • Membantu menjaga kesehatan kulit
  • Membantu mencegah timbulnya jerawat

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Itulah tadi beberapa informasi mengenai manfaat dari si kecil nan manis buah kersen yang mampu menjadi obat alami untuk penyakit diabetes ataupun penyakit yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *