Ketahui Berbagai Macam Obat Tumor

By | July 30, 2018

Pertumbuhan sel sel yang abnormal disebut tumor, sel adalah unit terkecil yang menyusun jaringan tubuh manusia. Dimana sel ini berfungsi untuk menentukan perkembangan dan pertumbuhan atau perbaikan dalam tubuh manusia. Tumor biasanya menimbulkan pembengkakan, maka ada berbagai macam obat tumor sesuai tingkat keganasanya.

Ketahui Berbagai Macam Obat Tumor

Menurut sifatnya tumor di bedakan menjadi dua yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Tumor jinak lebih bersifat diam dan tidak melakukan invasi terhadap sel – sel sekitar. Berkembangnya hanya di area lokal saja. Sedangkan tumor ganas lebih aktif melakukan invasi ke sel – sel sekitarnya sehingga dengan cepat menyebar ke organ yang lainnya.

Ketika kita mendengar kata tumor yang terbayang dalam benak kita adalah penyakit yang mematikan, namun ini belum tentu pas dengan diagnosis dokter. Memang belum di ketahui pemicu tumbuhnya tumor namun banyak aspek yang di sangka sebagai pemicunya  antara lain : keturunan , obesitas, konsumsi alkohol, polusi udara, radiasi matahari dan masih banyak lagi.

Perhatikan Beberapa Obat Tumor Paling Banyak Digunakan

Hampir semua masyarakat mempunyai pikiran yang sama bahwa obat tumor hanyalah dengan cara pembedahan atau operasi. Tindakan operasi hanya di lakukan oleh tim medis yang bertujuan untuk mengangkat tumor yang ada dalam tubuh kita. Namun operasi membutuhkan biaya yang mahal dan efek samping tentunya.

Pengobatan tumor akan bervariasi tergantung dari jenis, lokasi tumor dan perkembangan tumor. Penanganan pengobatan tumor,  di rumah sakit berupa terapi radiasi atau operasi pengangkatan tumor dan melindungi jaringan sel di sekitarnya. Berikut adalah beberapa pengobatan tumor yang umum di berikan :

Observasi  ini bertujuan untuk mengetahui apakah tumor tersebut ganas apa jinak. Selanjutnya operasi, ini bertujuan untuk menghilangkan jaringan yang abnormal supaya tidak mengganggu di kemudian hari.  Obat tumor yang selanjutnya adalah obat kemoterapi seperti Temozolomide dimana kandungan obatnya di gunakan untuk membunuh sel – sel tumor.

Baca juga: Penyebab, Gejala Dan Obat Tumor

Obat tumor everolimus di gunakan pada tumor otak jinak untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Sedangkan glioblastama memiliki kandungan untuk menghentikan pembuluh darah baru , membunuh sel tumor, dan menghentikan asupan darah ke tumor.  Sedangkan obat imunoterapi di andalkan untuk melawan infeksi dan mengandalkan sistem imun tubuh dengan zat yang di produksi oleh tubuh dan di olah serta di suntikkan kembali ke dalam tubuh tujuannya untuk menghentikan sel kanker, memperkuat system kekebalan,  dan mencegah sel kanker menyebar ke organ tubuh lainya.

Demikianlah berbagai jenis obat tumor. Tujuannya  adalah mengurangi gejala, mencegah penyebaran, menghambat, dan membunuh sel tumor. Tumor ada yang bisa di sembuhkan dengan obat, namun ada juga yang tidak. Untuk selanjutnya agar anda lebih yakin dan paham dengan beberapa obat untuk tumor yang sudah diatas sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *