Keuntungan Dan Kekurangan Obat Alami Tradisional

By | January 20, 2017

Dari dulu hingga sekarang obat alami tradisional masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Obat tradisional dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang serius. Sehingga tidak herang seringkali masyarakat kita mengkombinasikan obat medis (obat kedokteran) dengan obat tradisional.

Terlepas dari antusias masyarakat Indonesia, tidak ada salahnya kita mengetahui kelebihan atau keuntungan dan kekurangan obat-obatan herbal terlebih dulu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

Kelebihan Obat Herbal Tradisional

Keuntungan dari obat herbal adalah dari segi harga yang terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan obat medis. Selain itu obat herbal tidak menggunakan bahan kimia yang dapat mendatangkan efek resiko lainnya pada tubuh.

Masyarakat Indonesia kini tengah menyadari pengaruh penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang tinggi. bahan kimia bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak diinginkan. Atas dasar itulah banyak masyarakat yang memilih menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya.

Obat alami tradisional dianggap lebih aman karena menggunakan bahan alami yang mudah dip roses dan diserap oleh tubuh. selain itu penggunaan obat herbal dalam waktu yang lama tidak akan menimbulkan masalah atau kekebalan pada tubuh.

Selain itu kelebihannya adalah mudah ditemukan di sekitar rumah dan pasar-pasar tradisional. Karena faktor kemudahannya tersebut, obat herbal banyak digunakan oleh masyarakat.

Baca juga: Kelebihan Pengobatan Herbal yang Perlu Anda Tahu

Kekurangan Obat Herbal Tradisional

Seperti yang sudah dijelaskan, obat-obatan herbal memiliki manfaat dan keuntungan untuk menjaga tubuh dalam kondisi sehat dan terbebas dari penyakit. Namun disisi lain obat herbal juga memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangannya adalah ketidak akuratan bahan-bahan yang digunakan dalam uji klinis. Hal ini yang membedakan dengan obat-obatan modern yang diramu dengan nutrisi dan kandungannya sesuai dengan kebutuhan tubuh. takaran dan kehigienisan yang lebih terjamin.

Sedangkan obat-obatan herbal diproses berdasarkan kepercayaan dan racikan yang sudah ada sejak dulu secara turun temurun atau warisan dari enek moyang. Masyarakat sudah mempercayai obat-obatan yang terbuat dari bahan alam yang tidak akan menimbulkan efek samping, sehingga sudah tidak lagi mempermasalahkan uji klinis.

Kekurangan lainnya dari obat herbal adalah jika untuk mengobati penyakit yang sudah kritis atau serius. Pengobatannya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan pengobatan dengan obat-obatan modern. Walaupun harganya relatif murah jika dikonsumsi dalam waktu yang lama tentu saja akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Baik obat herbal maupun obat-obatan modern tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Keputusan menggunakan obat herbal atau modern tergantung keputusan individu masing-masing. Pemilihan obat alami ataukah modern sebaiknya menyesuaikan seberapa serius penyakit yang diderita. Dengan demikian Anda bisa menentukan obat mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *