Kita harus Menyukseskan Pemberian ASI Eksklusif Demi Masa Depan Bangsa!

By | December 12, 2018


( Foto : WordPress )

Pemberian Air Susu Ibu ( ASI ) secara Eksklusif merupakan fase ke duadalam 1000 hari pertama kehidupan setelah fase kehamilan. Pemberian ASI eksklusif merupakan upaya pemberian asupan ASI kepada bayi sebagai satu-satunya asupan yang diterima oleh bayi, tanpa tambahansusu formula. Oleh karena penting untuk memperhatikan kualitas ASI yangdiproduksi dari sang Ibu, caranya adalah dengan memastikan mengkonsumsi makanandengan tepat. Tidak hanya makananuntuk memperbanyak ASI, tetapi juga makanan yang dapat melengkap inutrisi yang dibutuhkan sang ibu dan sang bayi.

Pemberian ASI eksklusif merupakan bagianpenting dari pembentukan fondasi kualitas kesehatan dan kecerdasan seseorang yang menentukan hidupnya ke depan. Terlebih sekitar 25 persen sel otak manusia dewasa terbentuk pada saat janin, dan 70 persen terbentuk pada usia 2 tahun, sedangkan sisanya selesai dibentuk pada saat usia 5 tahun. Untuk itu pemenuhan nutrisi ibu hamil wajib hukumnya.  

Saat ini beberapa upaya dilakukan masyarakat melalui beberapa gerakan untuk mendukung para Ibu melaksanakan pemberian ASIeksklusif kepada bayinya. Salah satu upayanya adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan pemberian bahan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, di antaranya ;

( Foto : Gizi Untuk Masa Depan )
  1. Protein

Zat ini sangat penting dalam pembangunan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Protein terkandung dalam bahan makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan makanan laut, telur, keju, susu, yogurt, dan masih banyak lagi.

  • Lemak

Selain untuk perkembangan bayi, tubuh seorangibu yang sedang menyusui juga sangat membutuhkan lemak. Namun perlu dibatasi mengkonsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Sumber lemak yang baik atau juga disebut sebagai lemak tidak jenuh untuk ibu menyusui diantaranya lemak dari ikan khususnya salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan minyak kanola. Sedangkan lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang berasal dari lemak daging sapi, dan makanan-makanan yang digoreng.

  • Omega 3

Untuk mendukung pertumbuhan otak bayi, ibu hamil juga membutuhkan asupan Omega 3 yang bisa didapatkan dari mengkonsumsiikan dan kacang-kacangan.

  • Zat Besi

Ibu menyusui sangat membutuhkan zat besi untuk menghindari kekurangan darah atau anemia. Kondisi anemia dapat menghambat proses pemberian ASI Eksklusif. Kebutuhan zat besi pada saat 6 bulan pertama menyusui adalah sebanyak 32 mg per hari.

  • Kalsium

Kondisi kehamilan dan menyusui dapat mengakibatkan penurunan massa tulang, oleh sebab itulah nutrisi kalsium sangat dibutuhkan. Zat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bahan makanan seperti susu,keju, yogurt, dan sayuran hijau.

  • Vitamin C, dan E

Vitamin C sangat baik untuk pertumbuhan jaringan,pertumbuhan tulang, gigi dan kolagen. Sedangkan vitamin E baik untuk melindungi mata, dan paru-paru bayi serta menjaga sistem kardiovaskular, kesehatan otot, dan sistem saraf. Sumber makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk,brokoli, kentang, tomat, mangga dan masih banyak lagi. Sedangkan makanan sumbervitamin E adalah kacang almond, bayam, asparagus, alpukat, dan selai kacang.

  • Kalium

Pada saat menyusui anda membutuhkan banyakcairan, oleh karena itu Kalium dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Sumber makanan yang mengandung kalium adalah kentang,pisang, jeruk, tomat, dan lainnya.

  • Kolin

Kolin adalah zat yang berperan dalampembentukan otak bayi. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara mengkonsumsi telur, ayam, hati sapi, gandum, kembang kol, dan bahan-baham makanan penambahASI lainnya yang bisa Anda temukan di https://review.bukalapak.com/mom/biar-asi-banyak-ini-5-makanan-pelancar-asi-yang-wajib-dikonsumsi-18790

1000 hari pertama kehidupan sangat penting tidak hanya untuk kualitaskehidupan seorang anak, melainkan kualitas berjuta-juta anak di masa depan yang menjadi tumpuan bangsa. Oleh karena itu ini bukan lagi hanya tugas ibu, maupun keluarga terdekat melainkan tugas dari seluruh lapisan masyarakat dalam menyukseskan 1000 hari pertama kehidupan yang lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *