Konsumsi Madu Murni Ternyata Menawarkan 4 Khasiat Ini!

By | May 17, 2018

Kepopuleran madu murni tentu sudah didengar oleh siapa saja, dan menjadi herbal paling ampuh dan multimanfaat. Madu sendiri merupakan cairan bening kekuningan yang berasal dari sari pati bunga yang diolah oleh lebah. Jenis lebah berbeda akan menghasilkan madu yang berbeda, ketika bahan baku pembuatan madunya berbeda jenis maka khasiatnya pun akan berbeda pula. Jadi di pasaran ada madu asli yang memang nampak kuning keemasan namun adapula yang warnanya cenderung gelap agak coklat kehitaman.

Konsumsi Madu Murni Ternyata Menawarkan 4 Khasiat Ini!

Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Usahakan memilih atau membeli madu asli bukan yang dicampur dengan air, gula, atau zat tertentu karena akan mengurangi bahkan menghapus khasiatnya. Padahal madu sendiri sejatinya memiliki khasiat beragam dan berikut beberapa diantaranya:

  • Membantu mengontrol gula darah,

Madu memiliki rasa manis namun konsumsinya tetap aman bahkan bagi penderita diabetes karena efektif mengontrol kadar gula dalam darah. Konsumsi satu sendok makan madu setiap hari bisa mencegah diabetes dan membantu menangani diabetes bagi yang sudah terlanjur menderitanya. Maka aman memberikan madu pada roti ataupun buah yang dikonsumsi karena bisa mengontrol gula darah.

  • Efektif meredakan batuk,

Kandungan zat kaya manfaat di dalam madu murni sangatlah banyak, salah satunya mengandung zat anti bakteri. Konsumsi madu dengan sedikit air hangat setiap hari dapat meredakan batuk yang tidak kunjung sembuh. Jadi bagi orangtua yang memiliki balita yang terserang batuk bisa diberi obat pertama memakai madu asli. Bisa diminum langsung atau diseduh dengan air hangat, pastikan airnya hangat bukannya panas agar nutrisi di dalam madu tersebut tidak rusak.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan,

Kandungan senyawa anti bakteri di dalam madu rupanya juga berdampak baik bagi sistem pencernaan. Maka bagi yang sering mengeluhkan masalah perut seperti sakit perut, diare, sembelit, maag, dan sejenisnya. Bisa mencoba rutin mengkonsumsi madu dan usahakan madu asli supaya bakteri jahat di dalam sistem pencernaan bersih secara total. Terbiasa minum madu sejak kecil akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh sampai memasuki usia senja. Kebiasaan baik ini usahakan tidak dihapus karena mampu memberikan tubuh yang sehat dan bugar.

Baca juga Mengulas Seputar Komposisi dari Vitabumin Madu Ikan Gabus yang Baik untuk Kesehatan

  • Membantu menjaga kekebalan alami tubuh,

Hasil sebuah penelitian di tahun 1990-an ditemukan fakta jika madu asli mengandung senyawa yang ketika masuk ke tubuh. Akan merangsang pembentukan sel-sel kekebalan alami tubuh seperti sel limfosit B dan juga sel limfosit T. Konsumsi madu secara teratur tentunya akan membantu memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Saat musim pancaroba biasanya akan muncul beragam penyakit musiman dan menular, kalau rajin minum madu murni maka besar kemungkinan tidak tertular penyakit tersebut sehingga senantiasa sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *