Kriteria Produk Herbal Berkualitas

By | September 16, 2016

Harus diakui bahwa bahan-bahan alami atau bahan herbal yang tersedia dari alam sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi bila bahan-bahan tersebut diolah dan diproses dengan baik menjadi produk herbal yang berkualitas, otomatis manfaat dan khasiatnya pun bisa digunakan untuk menangani berbagai penyakit atau mensupport metode pengobatan herbal. Tak heran bila sampai saat ini produk berbasis herbal masih digandrungi dan diandalkan oleh berbagai lapisan masyarakat. Produk berbahan herbal diyakini dapat menjaga kesehatan dengan baik dan optimal.

Tapi sangat disayangkan karena kini beberapa produk berbasis herbal tidak memiliki kualitas yang cukup baik dan justru cenderung merugikan karena mencampur bahan-bahan kimia berbahaya di dalamnya. Proses pengolahan bahan yang tidak higienis dan tidak memperhatikan standar juga membuat beberapa produk cenderung berpotensi memperburuk kondisi kesehatan konsumennya. Oleh sebab itu, Anda harus pandai membedakan dan memilih produk berkualitas dengan cermat supaya tidak terjebak dengan produk aspal. Berikut ini beberapa kriteria produk berbahan herbal yang bisa diandalkan dan berkualitas, yaitu:

  • Bebas bahan kimia berbahaya.

Ada banyak produk yang mengaku herbal dan telah tersebar di pasaran. Namun beberapa produk tersebut menggunakan bahan kimia berbahaya di dalamnya. Padahal, salah satu kriteria produk berbahan herbal yang berkualitas adalah bebas bahan kimia berbahaya. Produk berbahan herbal mengandalkan 100% bahan-bahan yang aman dan tidak berpotensi memicu masalah kesehatan yang lebih parah. Dengan kata lain, Anda wajib mencermati komposisi produk yang tersedia untuk memastikan bahwa produk yang dipilih bebas bahan kimia dan memiliki kriteria sebagai produk berkualitas.

  • Terbukti keamanannya.

Produk herbal yang terbukti aman pasti sudah terdaftar dalam BPOM dan memenuhi syarat sebagai produk berkualitas. Produk-produk yang sudah lulus uji dan mengantongi izin resmi dari lembaga yang berwenang tentu menawarkan kualitas yang baik dan bisa diandalkan. Produk tersebut dijamin 100% terbuat dari bahan yang alami dan aman dikonsumsi serta memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Jadi, pastikanlah produk pilihan Anda memiliki label BPOM dan tersertifikasi standar.

Baca juga: Teliti dalam Membeli Obat Herbal dengan Khasiat Terbaik

  • Diproses dan dikemas secara profesional.

Kehigienisan produk berbahan herbal sangatlah penting untuk diperhatikan. Kehigienisan produk tersebut bisa diperoleh berkat proses pengolahan dan pengemasan yang terjaga kebersihannya. Pastikanlah produk dikemas dengan baik dan aman sehingga kualitas maupun khasiat produk tersebut semakin terjamin dan terasa bermanfaat. Oleh sebab itu, cermatilah kondisi kemasan produk dengan baik sebelum menentukan pilihan.

  • Belum lewat masa kadaluarsa.

Setiap produk berbahan herbal tentu saja memiliki batas waktu atau masa kadaluarsa masing-masing sehingga perlu diperhatikan dengan seksama. Pastikanlah produk pilihan Anda masih jauh dari tanggal kadaluarsa sehingga kualitas dan efektivitas khasiat yang ditawarkan bisa diperoleh secara optimal. Memastikan produk yang dikonsumsi belum lewat masa kadaluarsa juga dilakukan agar produk tersebut bisa bekerja maksimal dan memberi manfaat yang baik untuk kesehatan. Sebab, kualitas produk berbahan herbal akan menurun bila sudah melewati masa kadaluarsa seperti jenis obat atau makanan lainnya.

Setelah mendapatkan produk herbal yang tepat dan memiliki semua kriteria sebagai produk berkualitas di atas, tentu saja khasiat kesehatan yang Anda peroleh akan terasa sangat optimal. Keamanan pengonsumsian produk yang terjamin tidak menimbulkan rasa was-was. Apalagi jika produk yang Anda pilih sudah mengantongi izin BPOM dan dikenal sebagai produk berkualitas tinggi yang bisa diandalkan dan khasiatnya telah diuji oleh berbagai kalangan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *