Langkah Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

By | April 25, 2018

Batuk berdahak biasanya muncul saat seseorang sedang terkena penyakit flu, alergi, ataupun infeksi. Penyakit tersebut dapat diderita seseorang, baik anak-anak bahkan orang dewasa. Dahak merupakan lendir yang berada di saluran pernapasan yang berfungsi untuk merangkap debu, alergi, dan virus. Saat seseorang sakit, lapisan lendir akan menebal dan lebih lengket, sehingga terasa menggantung di belakang tenggorokan dan menghambat jalannya napas.

Langkah Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Namun, bagaimana cara mengobati batuk berdahak yang sering membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman, simak penjelasan berikut:

Minum Air Putih yang Cukup

Sering mendengar saran untuk banyak minum air putih ketika sakit? Saran tersebut bukanlah sekadar nasihat yang asal. Ternyata banyak minum air putih dapat meredakan tenggorokan dari batuk berdahak. Ketika Anda sedang sakit flu dengan gejala batuk disertai dahak cobalah untuk banyak minum air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi, cairan dari air dapat membantu mengencerkan dahak dan menenangkan iritasi pada tenggorokan. Dahak yang mengumpul di tenggorokan akan menyebabkan munculnya batuk sehingga minum air putih dapat membuat lapisan lendir tetap lembap.

Mandi dengan Air Hangat

Satu lagi nasihat yang sering Anda dengar saat sedang sakit, yaitu disarankan untuk mandi dengan air hangat. Langkah tersebut ternyata tidak hanya berguna untuk membersihkan tubuh tetapi juga membantu untuk melegakan tenggorokan saat Anda sedang mengalami batuk berdahak. Dengan mengobati batuk disertai dahak dengan mandi air hangat dapat meringankan batuk yang membandel sehingga dapat melonggarkan lendir di jalan napas.

Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat memberikan efek rasa hangat dan dapat menolong penyakit batuk berdahak. Minyak kayu putih juga berfungsi untuk melonggarkan lendir yang mengganggu sehingga saat batuk, dahak akan lebih cepat keluar. Rasa hangat juga dapat memunculkan efek relaksasi saat merasa tidak enak badan. Cukup oleskan minyak kayu putih di bagian dada ataupun bisa menggantinya dengan memakai balsem yang mempunyai kandungan yang mirip dengan minyak kayu putih.

Mengonsumsi Madu Soba

Madu soba dapat membuat pernapasan menjadi lebih lancar, jadi cobalah untuk menangani batuk dengan rutin mengonsumsi madu soba. Menurut penelitian, mengonsumsi madu soba secara rutin dapat mengurangi gejala batuk disertai dahak layaknya pemberian obat ekspektoran seperti dextromethrophan. Mengonsumsi madu ini secara langsung dapat mengobati batuk berdahak, radang tenggorokan, hingga pilek. Namun, harus diingat madu soba tidak boleh diberikan kepada bayi dibawah usia satu tahun

Baca juga Ragam Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk

Berkumur dengan Air Garam

Cobalah untuk mencampur satu cangkir air hangat dengan satu sendok garam. Kemudian berkumurlah selama 30-60 detik sampai air pada cangkir habis. Langkah ini dapat Anda lakukan sekitar 2-4 kali sehari. Cara tersebut dapat membantu menghilangkan dahak yang mengganggu pernapasan serta dapat membunuh kuman dan dapat meredakan tenggorokan saat batuk berdahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *