Langkah Perawatan Pasien Stroke

By | May 10, 2018

Saat ini, banyak masyarakat yang terkena penyakit stroke. Salah satunya disebabkan oleh naiknya tekanan darah yang membuat pembuluh darah tidak kuat dan akhirnya pecah bahkan bisa merusak otak. Penyakit yang satu ini memiliki dampak yang cukup besar pada kehidupan seseorang. Sebagian juga bisa sembuh dengan jalan mengikuti rehabilitasi secara rutin dalam jangka waktu tertentu bergantung pada level sakit yang dideritanya. Seseorang yang terserang penyakit ini umumnya merasakan beberapa dampak baik dari segi fisik maupun secara psikologis.

Langkah Perawatan Pasien Stroke

Dampak Fisik Penderita Stroke

Orang yang telah mengalami stroke seringkali terjadi kelumpuhan di salah satu bagian tubuhnya yang selanjutnya menyebabkan terganggunya koordinasi tubuh serta keseimbangan yang ada di dalamnya. Kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan rehabilitasi secara rutin yaitu melalui fisioterapi. Jangka waktu yang dibutuhkan juga bergantung pada keadaan pasien. Keluarga juga harus dilibatkan dalam rehabilitasi ini agar latihan tetap bisa dijalankan ketika berada di rumah.

Dampak Psikologis pada Pasien

Secara psikologis terutama dari kognitif pasien stroke juga akan mengalami gangguan. Beberapa dampak negatifnya seperti menurunnya daya ingat, konsentrasi pasien, menurunkan kegiatan fisik, kesulitan dalam menulis dan memberikan informasi secara lisan, serta akan mengalami kesulitan ketika akan memecahkan sebuah masalah. Selain itu mereka juga bisa saja terkena gangguan depresi dan kecemasan.

Peran Keluarga untuk Pasien

Salah satu yang paling memberikan dampak besar pada proses penyembuhan pasien stroke adalah keberadaan keluarga atau orang terdekat. Orang-orang terdekat ini mampu memberikan semangat dan motivasi kepada pasien untuk bisa segera pulih. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung pasien, antara lain:

  • Anda bisa memberikan motivasi dan bantuan kepada pasien agar bisa mencapai target keberhasilan dalam rehabilitasi jangka panjang.
  • Anda bisa menyesuaikan diri dengan kondisi pasien seperti saat berbicara dengan pasien.
  • Berikanlah dukungan moral dan semangat serta meyakinkan pasien bahwa ia akan sembuh.
  • Ikutlah ketika pasien sedang melakukan fisioterapi dan bisa menerapkannya secara rutin ketika di rumah.

Baca juga Menilik Obat Aneh Undur-undur yang Mampu Mengatasi Berbagai Penyakit

Menempatkan Diri Saat Merawat Pasien Stroke

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi pasien stroke memang tidak stabil terutama dari segi psikisnya. Oleh karenanya, sebagai orang yang lebih sehat Anda diharuskan untuk lebih sabar dalam menghadapi pasien. Siapkan kondisi Anda sendiri untuk bisa mengatasi perubahan perilaku dan emosi dari pasien. Anda juga harus senantiasa berfikir positif bahwa yang sedang Anda rawat akan mencapai kesembuhannya dan bisa kembali ke kondisi normal. Bagi And ayang merawat pasien, sudah sepatutnya Anda juga harus menjaga kesehatan baik fikik maupun psikologis. Hal ini sebagai salah satu langkah agar Anda tidak larut dan terkena stres saat merawat sang pasien. Karena jika Anda sendiri tidak dalam kondisi kesehatan fisik dan psikis prima tentunya akan berdampak kurang baik pula pada pasien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *