Macam-macam Obat Tumor Tradisional

By | November 24, 2016

Salah satu penyakit yang membuat penderita mengalami kekhawatiran serta kecemasan tinggi adalah ketika ditemukan sel tumor dalam tubuh. Bagi penderita, banyak yang enggan operasi karena terlalu khawatir, sehingga mereka mencari obat tumor tradisional dari bahan-bahan alami dan herbal. Ada banyak jenis tumbuhan alam yang ternyata memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tumor, yaitu sebagai berikut:

  1. Daun Sirsak

Pohon sirsak tentunya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah. Buah sirsak memang enak dan cocok dijadikan minuman, akan tetapi ternyata daunnya memiliki khasiat untuk memperlambat serta membunuh sel tumor dalam tubuh. Hal ini karena daun sirsak ini memiliki kandungan acetogenins yang mampu menghancurkan sel-sel tumor yang ada dalam tubuh. Daun sirsak bekerja secara alami dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

  1. Keladi Tikus

Tanaman keladi tikus ini memiliki manfaat yang besar, tak hanya untuk menghancurkan sel tumor, namun juga mampu menghilangkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap tanaman ini, beberapa diantaranya adalah yang dilakukan oleh Dr. Dyah Iswantini dari IPB yang menyebutkan bahwa Keladi Tikus dapat menghambat pertumbuhan enzim tirosin (pemicu kanker) hingga sebesar 76,10%. Selain itu, Peni Indrayudha dari UMS juga membuktikan bahwa daun Keladi Tikus ini mampu memotong rantai DNA pada sel kanker sehingga sel kanker tidak akan dapat berkembang biak.

  1. Sarang Semut

Sarang semut memiliki manfaat besar dalam penyembuhan beragam penyakit, salah satunya adalah penyakit tumor. Kandungan flavonoid yang ada dalam sarang semut mampu menghambat siklus sel tumor.

  1. Jahe

Jahe memang terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika biasanya jahe digunakan untuk menghangatkan badan, maka ternyata tanaman ini juga bermanfaat untuk obat tumor serta kanker.  Y. Sukha dan M.Singh, peneliti yang berasal dari India berhasil melakukan identifikasi beberapa senyawa yang memiliki fungsi untuk mengatasi sel tumor serta kanker. Senyawa tersebut antara lain adalah gingerol, shogaol, paradol, vallinoid, dan Zingeron.

  1. Akar Kuning

Baru-baru ini, di hutan Taman Nasional Meru Betiri yang ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur telah ditemukan tanaman akar kuning yang ternyata memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tumor serta kanker. Tanaman ini ditemukan oleh Sulanjari, peneliti dari UNS, Solo. Tumbuhan ini tak hanya bermanfaat untuk mengatasi sakit tumor dan kanker saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk pengobatan beragam penyakit seperti malaria.

Pengobatan tumor menggunakan obat herbal atau tradisional tentunya tidaklah langsung terlihat hasilnya, namun harus melalui proses. Oleh karena itu, keika menggunakan obat tumor tradisional, maka pasien haruslah rutin mengkonsumsi obat tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *