Makanan Pencegah Kanker Kulit yang Baik untuk Dikonsumsi

By | January 16, 2018

Kanker yang terjadi karena kelainan sel kulit yang disebabkan mutasi pada DNA sel sehingga pertumbuhan sel menjadi cepat, sel kehilangan sifat dasarnya serta usia sel menjadi lebih panjang disebut dengan kanker kulit. Kanker yang terjadi pada kulit ini umumnya terjadi di bagian yang sering terpapar sinar matahari. Jika dikelompokkan berdasarkan pada jenis sel yang diserang, kanker pada kulit ini dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Melanoma yang terjadi di melanosit atau sel penghasil pigmen pada kulit.
  • Non melanoma di jaringan selain di melanosit dan kanker ini dibedakan menjadi 2:
  • Karsinoma sel basal atau BCC atau basal cell carcinoma yang terjadi di bagian bawah epidermis.
  • Karsinoma sel skuamosa atau SCC atau squamous cell carcinoma yang terjadi pada bagian epidermis.

Kanker pada kulit bisa dicegah sebelum terlambat misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang bisa membantu untuk mencegah kanker. Berikut ini merupakan beberapa contoh makanan yang bisa mencegah kanker pada kulit. Pertama adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan kurkumin. Kurkumin ini merupakan senyawa aktif polifenol yang mampu untuk melawan perkembangan dari kanker. Senyawa tersebut tidak hanya bekerja sebagai antioksidan yang bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit akan tetapi juga membantu mengurangi peradangan.

Kedua adalah tomat. Sayuran buah yang memiliki bentuk bulat ini mengandung lycopene untuk mencegah kanker kulit. Tomat tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus namun juga bisa dipergunakan langsung sebagai pertolongan pertama saat kulit terbakar sinar matahari sehingga memberikan kesejukan pada kulit. Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan, mengungkapkan jika partisipan yang mengkonsumsi tomat selama 10 minggu mempunyai resiko yang lebih rendah sebanyak 40% dari terbakar sinar matahari yang bisa menjadi penyebab kanker pada kulit.

Ketiga adalah teh hijau. Green tea ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan namun juga melindungi kulit. Hal tersebut disebabkan karena green tea mengandung antioksidan polifenol yang bisa memberikan perlindungan akan sinar UV yang dapat merusak kulit dan menjadi penyebab kanker pada kulit. Antioksidan tersebut dapat membantu mencegah terjadi kerusakan serta memperbaiki DNA.

Keempat adalah ikan salmon. Ikan yang sering dibuat sushi ini, memiliki rasa yang enak dan kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Kandungan pada ikan salmon tersebut dapat membantu untuk menangkal kanker kulit peradangan serta mengatasi efek yang buruk dari sinar matahari pada kulit. Kandungan ikan salmon seperti protein, lemak dan selenium juga bagus untuk penyembuhan luka yang ada pada kulit. Selain keempat makanan tersebut, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan jangan lupa untuk menggunakan lotion yang dilengkapi dengan kandungan untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, tabir surya atau sunblock dan menggunakan pakaian yang bisa melindungi tubuh Anda dari sinar matahari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *