Makanan untuk Ibu Menyusui Agar bayi Sehat dan Terhindar dari Penyakit

By | October 24, 2018

Menyusui merupakan satu periode penting bagi seorang ibu. Seringkali momen ini menjadi hal yang menyenangkan dan juga menegangkan. Mengapa demikian? Banyak di antara pada ibu yang harus berjuang untuk dapat memberikan ASI eksklusif, salah satunya karena bagian payudara yang menjadi lecet saat menyusui. Nah, hal ini akan menjadi menyenangkan jika kita tahu cara untuk menyusui yang benar dan makanan apa yang baik untuk ibu menyusui. Yuk, simak tips berikut ini agar menyusui menjadi aman dan menyenangkan.

Cara Menyusui yang Baik dan Benar

Saat menyusui adalah waktu yang rileks bagi ibu dan bayi. Ada tiga cara untuk menyusui yang disarankan secara kesehatan, yaitu posisi dekapan, posisi football hold, dan posisi berbaring. Berikut penjelasannya satu per satu.

  • Posisi dekapan: ini disebut sebagai posisi klasik yang menjadi kegemaran para ibu. Posisi ini membuat perut bayi dan perut ibu bertemu. Hal itu akan membuat kepala bayi tetap pada posisi semula sehingga tidak berputar. Dalam posisi ini, kepala bayi berada di dalam dekapan.
  • Posisi football hold: posisi ini sangat sesuai untuk ibu yang baru pulih dari pembedahan atau caesar, ibu dengan payudara yang besar, bayi prematur atau berbadan kecil, dan menyusui anak kembar pada waktu yang bersamaan. Caranya adalah dengan menyokong kepala bayi dengan tangan. Lalu, gunakan bantal untuk menyokong belakang badan ibu.
  • Posisi berbaring: ini adalah posisi ketika ibu dan bayi merasa letih. Caranya, sokong kepala ibu dengan bantal dan sokong bayi dengan lengan atas. Posisi ini juga baik dilakukan untuk ibu yang baru pulih dari pembedahan caesar.

Makanan untuk Ibu Menyusui

Selain cara menyusui, penting pula untuk memperhatikan makanan yang menjadi asupan bagi ibu menyusui. Makanan yang benar akan memberikan hasil ASI yang baik. Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

menu makanan untuk ibu menyusui

  • Ikan salmon: salmon adalah salah satu ikan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Salmon memiliki serat yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Selain penting untuk perkembangan bayi, lemah baik atau DHA ini juga penting untuk membantu memperbaiki mood sehingga mengurangi risiko terkena baby blues.
  • Susu rendah lemak: susu sebagai penyedia protein, vitamin B, dan vitamin D sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Susu juga merupakan sumber kalsium terbaik untuk tulang. Jadi, tidak hanya memberi susu pada bayi, ibu juga perlu meminum susu. Susu yang disarankan adalah yang rendah lemak. Selain itu, juga boleh mengonsumsi yogurt atau keju. Tentunya, dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.
  • Kacang-kacangan: kacang yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah kacang yang berwarna gelap, seperti kacang hitam dan kacang merah. Kacang adalah sumber zat besi dan protein berkualitas nonhewani. Ini akan sangat cocok untuk yang hanya mengonsumsi sayur, alias vegetarian.
  • Beras cokelat atau beras merah: dua beras ini juga sangat baik bagi ibu yang menyusui. Terutama bagi ibu yang baru melahirkan dan ingin menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Melakukan diet dengan mengonsumsi beras merah atau beras cokelat tidak akan mengganggu produksi ASI.
  • Telur: kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D. Ini akan membantu tulang bayi untuk tumbuh. Telur juga salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Namun, bukan harus mengonsumsinya setiap hari, ya. Cukup konsumsi dua hari sekali.
  • Air: selain makanan, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air harian. Lupa mengonsumsi air juga dapat menyebabkan dehidrasi. Selain memenuhi kebutuhan air putih, yaitu 8—12 gelas dalam sehari, bisa juga memvariasikan minuman dengan minum jus. Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Jika bayi ikut merasakan kafein, ia akan menjadi sulit tidur.

Itulah, cara menyusui dan makanan yang penting untuk bayi dan ibu. Untuk mendapatkan info lainnya, yuk cek tautan berikut https://review.bukalapak.com/mom/ini-5-cara-menyusui-bayi-yang-benar-saat-payudara-lecet-16725

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *