Manfaat Asi bagi Ibu dan Anak yang Wajib Anda Ketahui

By | October 24, 2018

Meskipun banyak susu formula yang beredar di pasaran, asi tetaplah makanan yang terbaik untuk bayi. Hal ini disebabkan oleh asi merupakan satu-satunya sumber makanan terbaik yang dapat memberikan kebutuhan nutrisi pada bayi secara alami. Pemberian asi ini dapat Anda berikan sampai anak berusia dua tahun. Namun, permasalahannya, produksi asi bagi setiap ibu berbeda-beda. Ada wanita yang produksi asinya banyak, ada pula wanita yang produksi asinya sedikit. Bagi Anda yang memiliki produksi asi yang sedikit, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan pelancar asi. Mau tahu, makanan apa saja yang dapat melancarkan produksi asi? Lihat di sini.

Saking pentingnya asi bagi anak, sampai-sampai pemerintah membuat peraturan tentang pemberikan asi eksklusif selama 6 bulan bagi anak. Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012 yang menyatakan bahwa pemberian asi merupakan hak bagi seorang bayi.

Asi ini ternyata tidak hanya bermanfaat bagi bayi, lho, tetapi juga dapat bermanfaat bagi sang ibu. Mau tahu, manfaat apa saja dari pemberian asi tersebut bagi bayi dan ibu? Simak uraiannya berikut ini!

Manfaat Asi bagi Bayi

Sudah disebutkan di awal bahwa asi sangat baik bagi si buah hati. Sedikitnya, terdapat tiga manfaat yang dapat diperoleh bayi dari asi tersebut.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

Manfaat utama dari asi adalah sebagai sumber makanan alami yang pertama bagi bayi. Pemberian asi ini dapat mencukupi semua kebutuhan energi dan nutrisi yang diperlukan bayi hingga berumur 6 bulan. Oleh sebab itu, pemberian susu formula atau makanan pendamping asi belum diperlukan sebelum bayi berumur 6 bulan. Sementara itu, pemberian asi pada bayi usia 6—12 bulan hanya mampu mencukupi setengah dari kebutuhan nutrisi bayi, sedangkan pada usia 1—2 tahun, asi hanya mampu mencukupi sepertiga dari kebutuhan bayi. Oleh sebab itu, dari umur 6 bulan, bayi harus diberi makanan tambahan ataupun susu formula agar kebutuhannya terpenuhi.

  1. Mempercepat Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat asi yang kedua bagi bayi adalah dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif pada bayi yang diberi asi lebih baik daripada bayi yang tidak diberi asi. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa bayi yang diberi asi hingga 9 bulan memiliki perkembangan yang lebih baik daripada bayi yang hanya diberi asi hingga 3 atau 6 bulan. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa nilai IQ yang tinggi yang dimiliki seseorang juga dapat berhubungan dengan pemberian asi ketika ia bayi. Jadi, jika Anda ingin anak Anda cerdas dan pintar, berikan asi saat ia bayi.

  1. Meningkatnya Daya Tahan Tubuh Bayi

Manfaat yang ketiga adalah asi dapat melindungi bayi dari infeksi kuman-kuman, seperti bakteri, virus, maupun parasit. Pemberian asi eksklusif selama bayi berumur enam bulan tanpa disertai pemberian susu formula dapat mengurangi angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakir diare atau radang paru-paru. Asi juga memiliki manfaat yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bagi bayi.

Manfaat Asi bagi Ibu

Selain dapat memberikan manfaat bagi bayi, pemberian asi pada bayi juga dapat memberikan manfaat bagi ibu. Sedikitnya, terdapat tiga manfaat yang dapat diperoleh ibu yang menyusui.

  1. Lebih Cepat Memulihkan Rasa Lelah dan Sakit Pascapersalinan

Bagi Anda yang baru melahirkan, sebaiknya secepatnya berikan asi pada bayi Anda. Hal ini karena menyusui dapat mempercepat memulihkan Anda dari persalinan. Ketika menyusui, di dalam tubuh akan diproduksi hormon oksitosin yang tidak hanya dapat membantu ejeksi air susu, tetapi juga dapat membantu mengembalikan ukuran rahim menjadi normal. Selain itu, oksitosin juga dapat membantu kontraksi pada rahim sehingga dapat mengurangi pendarahan pascapersalinan.

  1. Kontrasepsi Alami

Manfaat kedua dari ibu menyusui adalah dapat menunda periode menstruasi bagi ibu sehingga dapat menunda kehamilan secara alami. Pada saat menyusui, produksi hormon estrogen akan berkurang, sedangkan ovulasi dapat terjadi ketika estrogen dalam tubuh meningkat, sehingga dengan menyusui, proses ovulasi dapat dicegah.

  1. Praktis dan Ekonomis

Terkadang bayi menangis karena lapar pada saat yang tidak terduga, misalnya saat malam hari ketika jam istirahat. Daripada Anda harus bangun untuk membuat susu formula, akan lebih mudah jika Anda langsung memberikan asi pada bayi. Selain manfaat praktis, asi juga dapat memberikan manfaat ekonomis, yaitu dapat membantu mengurangi biaya pembelian susu formula.

Itulah manfaat dari pemberian asi bagi bayi dan ibu. Bagaimana? Masih berpikir untuk tidak memberikan asi pada anak Anda? Sebaiknya, buang jauh-jauh pikiran itu karena dapat membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Sumber Gambar

cdn.hellosehat.com

perawatanbayi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *