Manfaat dan Keuntungan Penggunaan Obat Herbal

By | October 17, 2016

Obat herbal secara sederhana dapat didefiniskan sebagai obat yang diolah menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan, hewani, mineral atau gabungan ketiganya. Walaupun teknologi saat ini semakin maju dan perkembangan obat-obatan semakin bagus namun tidak membuat obat tradisional tergeser.

Masih banyak orang yang percaya dan tetap menggunakan obat tadisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ada banyak alasan mengapa orang memilih menggunakan obat herbal, yaitu selain lebih aman obat jenis herbal harganya lebih murah dibandingkan dengan obat kimia.

Obat herbal sudah ada sejak jaman nenek moyang dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Negara yang terkenal dengan pengobatan herbal selain Indonesia adalah: Cina, Mesir, India dan Yunani. Di Indonesia istilah untuk herbal yang populer disebut jamu.

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan utama obat tradisional, seperti: temulawak, kunyit, sambiloto, tempuyang, beluntas, kumis kucing, putih telur ayam kampung, jahe, buah-buahan dsb.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat menggunakan obat herbal bagi kesehatan tubuh.

Tidak Mendatangkan Efek Samping

Penggunaan obat herbal tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping karena bahan yang digunakan terbuat dari bahan alami bukan bahan kimia. Penggunaan obat herbal bisa untuk penyakit ringan bahkan berat sekalipun.

Ada beragam jenis bahan alami yang bisa dijadikan bahan obat herbal, setiap bahan memiliki khasiatnya masing-masing. Keuntungan menggunakan jenis pengobatan alami adalah tidak mengganggu proses penyembuhan di dalam tubuh dan membantu meningkatkan kemampuan tubuh sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Selain itu tubuh lebih mampu mempertahankan kondisi internal yang diperlukan untuk proses penyembuhan.

Lebih Fleksibel

Manfaat lainnya menggunakan obat tradisional adalah lebih fleksibel. Artinya terdapat beberapa cara pengolahan. Misalnya ada beberapa jenis obat yang bisa dicampur dengan makanan atau ada juga yang bisa direbus untuk diminum.

Baca juga: Memilih Produk Herbal yang Aman Serta Berkualitas

Sekarang sudah ada jenis-jenis obat tradisional yang tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet. Bahkan sudah banyak obat yang tersedia dalam bentuk kemasan jamu yang siap untuk diminum.

Lebih Murah

Kelebihan obat tradisional yang terakhir adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis obat-obatan konvensional. Harganya murah karena bahan baku yang digunakan sangat mudah ditanam atau didapatkan. Selain itu biaya operasional untuk merawat dan mengembangkan kebun herbal lebih mudah dan sederhana karena kebanyakan jenis-jenis tanaman herbal mudah tumbuh.

Selain dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit, ada beberapa jenis obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti: menghilangkan ketombe, membuat rambut lebih sehat bercahaya, mencegah kebotakan dan menumbuhkan rambut.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan keuntungan menggunakan obat herbal. Seperti halnya mengkonsumsi makanan dan minuman, sebaiknya minum atau konsumsi obat tradisional sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *