Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal Tradisional

By | July 10, 2018

Negara Indonesia di kenal dengan Negara yang beriklim tropis sehingga banyak tanaman yang tumbuh subur di Negara kita tercinta. Selain itu Indonesia adalah Negara yang memiliki spesies tanaman obat herbal  terbesar di dunia.

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal Tradisional

Kunyit  merupakan salah satu tanaman obat herbal yang terkenal di Indonesia. dari zaman nenek moyang kita dahulu kunyit sudah di jadikan ramuan obat sampai saat ini. Kunyit juga di kenal sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Kunyit masuk daftar teratas sebagai tanaman obat yang sering di sebut dalam berbagai seminar kesehatan. Dari berbagai  temuan ilmiah tentang kunyit ada satu hal yang menarik ketika kunyit di bandingkan dengan obat farmasi, manfaatnya sama dengan obat – obatan tersebut.

Kunyit yang di kenal sebagai obat herbal memiliki kemampuan untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Caranya cukup mudah ambil beberapa kunyit potong dan bersihkan kemudian parut setelah selesai peras ambil airnya kemudian campur dengan madu dan air hangat. Pahami cara untuk memproses ramuan kunyit yang nantinya akan berguna untuk kesehatan tubuh anda.

Saat ini sudah banyak produk – produk  supleman pengobatan kunyit dalam bentuk kemasan sehingga kita mudah mendapatkanya. Kesadaran masyarakat akan pengobatan alamiah saat ini sudah sangat tinggi. Mereka menyadari sesuatu yang berasal dari alam akan memberikan manfaat yang aman bagi tubuh. Masyarakat mulai banyak yang sadar jika obat kimia yang di buat sebagian besar memiliki efek samping.

Kunyit sebagai obat herbal tradisional juga bermanfaat sebagai imunostimulan  yang dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan stamina.  Selain itu kunyit juga mempunyai zat anti radang dan zat antiseptik yang mempunyai kemampuan untuk mencegah kanker. Kunyit juga mempunyai kelebihan bisa di campur dengan berbagai jenis obat herbal lainnya,dan tetap aman tanpa adanya efek samping.

Selain sebagai zat anti radang  dan anti septik kunyit juga sudah di kenal memiliki khasiat untuk menghilangkan keputihan, maag, dan nyeri haid.  Untuk mengatasi keputihan, ambil 2 rimpang kunyit , tambahkan asam jawa, daun beluntas, gula kelapa dan 1 liter air. Semua bahan di rebus sampai air mendidih. Kemudian saring dan minum 1 gelas sehari.

Baca juga: Ini Alasan Masyarakat Lebih Pilih Obat Herbal untuk Menyembuhkan Sakit

Untuk mengatasi nyeri haid ambil 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh biji pala, setengah genggam daun srigading. Tumbuk semua bahan dan rebus dengan 1 liter air. Dinginkan dan saring , minum satu gelas sehari.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan, jika anda mempunyai  lahan kosong atau pekarangan rumah yang luas bisa anda budidayakan tanaman kunyit ini. Kunyit mudah tumbuh tanpa perawatan yang khusus.walaupun harganya murah ,menanam tanaman obat herbal yang satu ini tidak ada ruginya, menanam sendiri akan memudahkan kita jika ada kebutuhan untuk menggunakan kunyit. Itulah tadi manfaat kunyit semoga bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *