Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal yang Banyak Digunakan

By | April 5, 2018

Selama ini kita mengenal kunyit sebagai salah satu bahan dapur untuk pengolahan makanan, seperti mengolah ikan segar, memberikan warna kuning alami pada makanan, memberi rasa sedap dan khas pada makanan, dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda, selain bisa digunakan untuk mengolah makanan, kunyit juga memiliki khasiat untuk kesehatan?. Ternyata kunyit memang sejak dulu sudah banyak digunakan sebagai racikan obat herbal.

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal yang Banyak Digunakan

Kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma Domestica Val ini bisa kita temukan dengan mudah di wilayah Indonesia. Beberapa negara seperti China, India, dan Srilanka juga menanam tumbuhan yang satu ini. Karena sudah diketahui khasiatnya yang bagus untuk kesehatan serta kecantikan, saat ini kunyit sudah mulai dibudidayakan untuk memenuhi bahan baku dalam industri. Kunyit terkenal sebagai tanaman yang berkhasiat untuk membangun kembali sistem kekebalan tubuh. Cara pemanfaatannya juga terbilang cukup sederhana. Anda bisa memotong beberapa kunyit, bersihkan dari kulit luarnya dan parut. Ambil sari airnya dengan cara diperas. Setelah selesai air perasan kunyit bisa dicampur dengan air hangat dan ditambahkan sedikit madu. Ramuan ini cukup berkhasiat untuk meredakan panas pada anak, membantu memulihkan kondisi tubuh anak setelah sakit dengan membangun sistem kekebalan tubuh.

Sebagai obat herbal, kunyit memiliki banyak sekali manfaat. Bagi Anda mungkin baru mengetahui beberapa saja manfaat yang bisa diperoleh dari bahan dapur yang satu ini. Untuk itu bisa disimak yang berikut ini.

  • Manfaat kunyit untuk mengatasi keputihan pada wanita.

Keputihan memang hal yang wajar terjadi pada wanita namun untuk yang masih dalam batas wajar atau normal. Keputihan yang berlebihan pada organ intim wanita bisa mengindikasikan penyakit serius. Keputihan terjadi karena pengaruh virus dan bakteri yang berkembang biak di area kewanitaan karena kurangnya menjaga kebersihan. Kunyit sebagai salah satu tumbuhan herbal bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan keputihan. Caranya yang pertama-tama Anda bisa mengambil 2 rimpang kunyit, 1 gagang buah asam, 1 genggam daun beluntas, air 1 liter, 1 potong gula kelapa. Rebus semua bahan tersebut dalam air 1 liter tadi sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan saring. Minum 1 gelas untuk per harinya.

  • Manfaat kunyit untuk mengatasi sirkulasi haid yang tidak lancar.

Haid yang tidak lancar tentu menjadi kekhawatiran banyak wanita karena berhubungan dengan kesuburan. Anda bisa menggunakan 2 rimpang kunyit, ½ sendok teh biji pala, ½ sendok teh ketumbar, serta ½ genggam daun sri gading. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus untuk kemudian direbus dengan 1 liter air. Dinginkan terlebih dahulu dan saring. Minumlah 1 gelas per hari.

Baca juga Tips Memilih Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

  • Manfaat kunyit untuk pengobatan tifus.

Sebagai salah satu obat herbal, kunyit juga bisa digunakan untuk yang menderita penyakit tifus. Anda bisa menggunakan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. Semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian dipipis. Tambahkan 1 gelas air yang sudah dimasak namun masih dalam keadaan hangat kemudian saring. Untuk pemakaiannya dengan meminum secara rutin selama 1 minggu berturut-turut setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *