Masker Alami untuk Perawatan Rambut yang Aman Digunakan

By | January 17, 2018

Untuk memiliki rambut yang sehat, tidak sedikit yang memutuskan menggunakan beragam jenis rambut untuk perawatan rambut. Akan tetapi, kandungan dalam produk untuk merawat rambut tersebut tidak jarang menyebabkan masalah lain untuk penggunanya misalnya pusing yang disebabkan karena alergi dari bahan atau komposisi produk yang dipergunakan tersebut. Karena hal tersebut, Anda bisa menggunakan bahan alami berikut ini yang tidak memberikan efek samping.

Pertama adalah menggunakan minyak zaitun sebagai conditioner. Kondisioner ini bisa membantu untuk melembabkan serta melembutkan rambut sehingga dapat membantu untuk mengatasi rambut bercabang, kering dan tebal. Conditioner ini bisa juga dipergunakan untuk rambut yang ditata seperti diwarnai, dikeriting ataupun diluruskan. Hal tersebut disebabkan karena minyak zaitun memiliki kandungan emolin yang bisa melembutkan dan melembabkan rambut hingga ke dalam batang rambut sehingga rambut lebih kuat dan lembut. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun sekitar 2 sdm dan pijat beberapa menit sebelum ditutup dengan plastik atau handuk dan dibiarkan 15 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Kedua adalah menggunakan lidah buaya. Khasiat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi untuk perawatan rambut. Dengan masker lidah buaya ini Anda tidak hanya bisa melembabkan, mencegah ketombe dan kerontokan namun juga untuk membuat agar rambut terlihat lebih berkilau. Caranya adalah ambil gel lidah buaya kemudian haluskan dan hindari menggunakan tambahan air. Lalu oleskan pada rambut secara merata. Biarkan kurang lebih 5 menit dan balut dengan menggunakan handuk hangat. Bilas rambut sampai bersih.

Baca juga: Berbagai Perawatan Rambut yang Bisa Anda Lakukan Secara Rutin Agar Tetap Sehat

Ketiga adalah dengan masker pisang. Dalam pisang terdapat vitamin A serta potassium yang dapat mengembalikan kilau rambut dan menjaga agar rambut tetap sehat. Cara membuat masker pisang adalah:

  • Campurkan 1 buah pisang dengan 1,5 sdm minyak zaitun dan 3 sdm mayonais tawar, bukan yang pedas.
  • Campur merata dan oleskan ke rambut secara merata setelah Anda mencuci rambut.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian cuci rambut anda hingga bersih.

Keempat adalah minyak kelapa. Bahan alami ini bermanfaat untuk mengembalikan lagi kesehatan rambut yang rusak misalnya karena pewarnaan rambut ataupun penataan rambut seperti di keriting atau diluruskan. Dalam minyak kelapa terdapat asam lemak yang bisa masuk hingga ke batang rambut sehingga bisa digunakan juga untuk campuran masker rambut agar hasilnya maksimal. Cara menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut yang bisa dilakukan di malam hari, adalah:

  • Siapkan minyak kelapa secukupnya.
  • Oleskan mulai dari batang rambut hingga ke ujung.
  • Balut rambut Anda dengan menggunakan plastik mandi agar minyak kelapa tidak menempel di bantal.
  • Biarkan hingga keesokan harinya.
  • Cuci bersih rambut Anda dengan menggunakan shampoo yang biasa Anda pergunakan dan conditioner rambut.
  • Bilas rambut Anda hingga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *