Mastitis: Definisi, Penyebab, dan Cara Pengobatan

By | September 7, 2018

Secara sederhana, mastitis adalah infeksi pada saluran payudara. Saluran yang dimaksud ialah saluran susu (duktus). Maka, dapat dikatakan bahwa penyebab mastitis adalah saluran payudara tersumbat sehingga terasa sakit.

Dikutip dari Mediskus, jika tak diantisipasi dengan baik, mastitis bisa menimbulkan komplikasi di organ payudara. Komplikasi yang dimaksud ialah abses (nanah) yang timbul di payudara. Pengobatan abses sendiri dilakukan dengan cara pembedahan untuk mengeluarkan nanah yang ada.

 

Penyebab mastitis

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mastitis. Yang pertama adalah pembengkakan payudara itu sendiri. Pembengkakan dari payudara dapat terjadi karena dua hal, yaitu tumpukan ASI di payudara dan teknik memberi ASI yang belum tepat.

Saat wanita sedang berada pada masa menyusui, produksi ASI di kelenjar-kelenjar payudaranya meningkat. Normalnya, ASI akan dihisap oleh bayi sehingga tidak menumpuk di payudara. Namun apabila mengendap di payudara, akan terjadi penyumbatan di saluran payudara sehingga seseorang menderita penyakit mastitis.

Teknik memberikan ASI juga perlu diperhatikan. Kebanyakan ibu yang baru pertama kali menyusui belum benar-benar mengetahui teknik menyusui yang tepat (termasuk posisi bayi ketika menyusui) sehingga ASI belum dikeluarkan secara maksimal. Ini kemudian yang menjadi penyebab lain pengendapatan ASI di payudara sehingga menyebabkan mastitis laktasi.

Selain itu, keberadaan bakteri adalah penyebab mastitis laktasi kedua. Bakteri bisa masuk ke dalam payudara dan menyebabkan infeksi di saluran payudara. Dari mana datangnya? Bisa dari luka yang terbuka di permukaan kulit payudara, bisa pula dari bakteri di bibir dan hidung bayi.

Hal-hal lain seperti stres setelah melahirkan dan kondisi gizi yang buruk juga bisa menjadi penyebab mastitis. Pada wanita tidak menyusui, risiko mastitis akan lebih besar menghampiri orang-orang yang merokok dan melakukan tindikan di puting payudara. Risiko ini juga bisa terjadi pada orang yang memakai pakaian dalam terlalu ketat dalam jangka waktu yang lama.

 

Bagaimana cara mengatasi mastitis laktasi?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mastitis laktasi. Cara-cara di bawah ini biasanya cukup berguna untuk gejala mastitis ringan. Namun, apabila masih belum ada perubahan, sangat direkomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Cara pertama mengobati mastitis adalah mengompres payudara dengan air hangat. Mengompres payudara dengan air hangat sebelum menyusui adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar ASI lebih mudah keluar.

Cara lain yang perlu dilakukan adalah tetap memberikan ASI secara langsung, namun dengan intensitas lebih sering. Tujuannya adalah agar penyumbatan dapat dikurangi. Mengeluarkan ASI dengan pompa juga bisa dilakukan sebagai cara membantu mengobati mastitis.

Jika ingin tetap memberikan ASI secara langsung, teruslah mempelajari cara paling optimal untuk menyusui. Temukan posisi paling nyaman bagi bayi, yang juga memungkinkan ASI untuk keluar secara maksimal.

Jika memang rasa sakitnya luar biasa, ibu dapat mengonsumsi parasetamol untuk menguranginya. Ini memang akan berpengaruh terhadap ASI (akan mengandung parasetamol), namun kandungannya akan tetap aman untuk bayi. Jika merasa tidak yakin, mengompres payudara dengan air hangat pun sudah cukup.

Selain itu, penting juga bagi ibu menyusui agar banyak mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air mineral. Asupan nutrisi yang baik tidak hanya berkorelasi positif dengan kualitas ASI, tetapi juga membantu ibu untuk menjaga/memperbaiki kondisi fisiknya. Konsumsi air mineral yang cukup akan mencegahnya dari kekurangan cairan tubuh sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Setelah menyusui, payudara bisa dikompres kembali dengan kompres dingin. Namun, perhatikan waktunya. Lakukan tindakan ini hanya setelah ibu selesai menyusui.

Menggunakan pakaian dalam yang lebih longgar juga penting untuk dilakukan. Karena ukuran yang terlalu kecil justru akan memperparah atau minimal memperlama proses penyembuhannya.

Itulah definisi, penyebab, dan cara mengobati mastitis. Dalam hal kesehatan dan penyakit, ingatlah untuk selalu mengenali gejalanya, lalu atasi segera hingga tuntas. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *