Membuat Obat Kanker Dari Tanaman Indonesia

By | July 23, 2018

Kanker adalah salah satu penyakit yag mematikan di dunia. menurut data riset kesehatan dasar tahun 2007 kanker adalah penyebab kematian terbesar ke-7. Sedangkan penderita kanker sendiri tidak bisa dibilang sedikit. Menurut laporan Kementerian Kesehatan tahun 2013 ada 347.792 orang menderita kanker. Dari tahun ke tahun penderita kanker juga terus meningkat.  WHO memprediksi akan terjadi peningkatan 7 kali lipat pada tahun 2030. Hal ini tentu cukup memprihatinkan kita semua. Sampai sekarang perkembangan obat kanker belum menemui kabar gembira.

Membuat Obat Kanker Dari Tanaman Indonesia

Sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker kita bisa melirik obat tradisional yang dibuat dari tanaman obat. Indonesia sendiri merupakan Negara yang notabene sebagai Negara tertinggi ke 2 kekayaan flora pasti kaya akan tanaman obat yang bisa dimanfaatkan. Tapi Indonesia sendiri sampai sekarang belum berkembang obat tradisional yangdiitegrasikan dengan obat kanker modern.

Jenis Tanaman yang bisa digunakan sebagai obat kanker

Kelebihan yang ada pada obat tradisional selain sebagai penyembuhan, juga sebagai tindakan pencegaha. Obat tradisional dari segi fungsi juga sama dengan obat-obat kimia, seperti untuk kemoterapi, terapi paliatif, mengurangi rasa nyeri, dan lain sebagainya. Lalu tanamn obat apayang bisa digunakan untuk pengobatan kanker. Berikut uraian dari kami.

Tanaman Suku Cruferia

Termasuk dari suku tanamaman ini adalah lobak, brokoli, sawi, kubis, dsb. tetapi tanman ini digunakan sebagai tindakan pencegahan. Tanaman mengandung glukobrassin yang akan dirubah menjadi s senyawa indolik poliaromatik oleh asam lambung dan enzim miriosinase glukosinalat. Senyawa ini mampu menghambat enzim fase pertama yang mengaktifkan karsinogen.Penelitian yang dilakukan menunjukkan tkus yang diberi minum dengan mengandung GSH 100 mg per hari resiko terkena kanker lebih kecil

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kanker Otak yang Harus Diwaspadai

Terong Ranti Belum Matang

Tanaman ini selain sebagai antitumor, selain obat kanker juga dapat digunakan untuk sebagai antidepresesan. Uji coba pada tubuh hewan menunjukan bahwa ekstrak  buah ini mampu menghambat 40-50 % pertumbuhan sel tumor, karena zat dalam buah ini berperan sebagai protease inhibitor.

Daun Tapak Dara

Zat akoloid yang terkandung dalam daun tapak dara dapat menghambat proses mitosis sel kanker. Pengaruh pemakaian daun tapak dara dlam penelitian terhadap limpa tikus mampu menghambat sekresi il-. Untuk pengobatan penyakit kanker rebuslah 16 gram daun tapak dara, bisa ditambah dengan asam jawa. Kemudan saring dan minumlah.

Di atas telah kami paparkan  tiga tanaman yang bisa digunakan sebagai obat kanker. Karena penyakit kanker merupakan penyakit keras yang membutuhkan penanganan khusus lebih baik Anda jangan sampai meninggalkan nasihat dokter dalam proses pengobatannya, disamping menggunakan obat alternatif seperti tanaman yang saya paparkan di atas. Yang perlu diingat tidak ada cara yang lebih baik mengobati suatu penyakit daripada mencegahnya sebelum kita mengalaminya dengan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *