Memilih Produk Herbal yang Aman Serta Berkualitas

By | September 22, 2016

Semua orang tak diragukan lagi pernah mengonsumsi obat. Obat-obatan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu obat non-herbal yang terbuat dari bahan-bahan kimiawi serta obat herbal yang bahan bakunya diambil dari tanaman herbal. Tanaman herbal sendiri dapat dibuat menjadi beragam macam produk, tidak terbatas kepada obat saja. Produk herbal tersebut diolah dari bahan-bahan alami yang memiliki khasiat tidak kalah dari produk kimiawi.

Dewasa ini, berbagai macam merek produk dari bahan herbal bermunculan mewarnai industri herbal Tanah Air. Konsumen dapat dengan mudah menemukan variasi produk-produk jenis herbal dijual bebas di pasaran. Ada produk-produk yang dijual di toko-toko pinggir jalan tetapi banyak juga yang dijual secara online. Hal ini tentu tidak terlepas dari banyaknya pengguna sosial media yang memudahkan produsen melakukan promosi.

Semakin beragamnya produk berbahan herbal yang dijual di toko online membuat pembeli terkadang bingung menentukan merek dan produk mana yang hendak dibeli. Salah pilih produk dan merek tentu akan menimbulkan akibat yang fatal bagi konsumen. Alih-alih memperoleh kesembuhan justru kondisi kesehatan akan semakin parah. Oleh karena itu, berikut tips-tips aman memilih produk herbal untuk dikonsumsi:

  • Lihat apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM dan memiliki nomor registrasi resmi dari BPOM. Nomor BPOM biasanya tertera pada kemasan sehingga konsumen tidak kesulitan mencarinya. Jika akan membeli secara online, ada baiknya menanyakan nomor registrasi BPOM kepada penjual sebelum membeli.
  • Perhatikan bentuk kemasan. Apabila kemasan sudah penyok atau plastik pembungkus rusak maka konsumen patut mewaspadai produk tersebut. Cermati juga warna kemasan produk apakah masih baik atau sudah pudar sebab memudarnya warna kemasan dapat menjadi indikasi produk terpapar sinar matahari terlalu lama.
  • Bagi konsumen yang tertarik membeli di toko online bisa mengecek testimoni-testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Testimoni-testimoni ini biasanya di posting di halaman akun penjual. Testimoni yang diberikan pembeli dapat memberi cukup bukti bahwa produk yang dijual asli dan aman.
  • Cek dan teliti daftar komposisi. Hal ini penting untuk menyelidiki apakah ada bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Usir Batuk dengan Ramuan Herbal Ini!

Terakhir, cek tanggal kadaluarsa. Hal ini mungkin terlihat sepele tetapi terkadang justru dilupakan konsumen saat hendak membeli suatu produk. Padahal tanggal kadaluarsa menjadi hal krusial yang menentukan kualitas kandungan produk. Oleh sebab itu, sebelum membayar dan membawa pulang produk berbahan herbal pastikan lagi bahwa produk tersebut belum melewati tanggal kadaluarsa.

Selain melakukan tips-tips di atas sebelum membeli produk-produk berbahan herbal, konsumen perlu menyadari pentingnya sikap hati-hati dan mawas diri. Sikap kehatian-hatian dan mawas diri diperlukan mengingat banyaknya iklan yang menawarkan produk berbahan herbal dengan harga murah dengan jaminan hasil instan. Maka dari itu, konsumen jangan mudah terlena dengan harga murah dan hasil instan. Sebab untuk mendapatkan kualitas baik tentu ada harga yang harus dibayar.

Produk herbal memang minim efek samping karena pengolahannya yang sebisa mungkin menghindari pemakaian produk kimiawi. Meski demikian, apapun produk dan mereknya konsumen tetap harus berhati-hati terutama menyangkut kesehatan tubuh dan kelangsungan hidup konsumen. Jika keadaan konsumen mengharuskan memakai produk berbahan baku herbal, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk meminimalisir efek buruk yang bisa terjadi kepada konsumen. Jangan sampai keinginan menjadi lebih bugar justru membawa penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *