Menderita Penyakit Herpes? Ini Dia Cara Tepat untuk Mengatasinya!

By | January 26, 2018

Pernahkah Anda mengalami penyakit herpes? Dijamin pernah karena termasuk ke dalam jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh serangan virus. Tidak mengherankan jika penyakit yang menyerang kulit ini mudah sekali menular dan biasanya terkesan sebagai penyakit musiman. Siapa saja bisa mengalami penyakit ini, baik yang sudah pernah atau belum pernah sama sekali sehingga berbeda dengan campak. Kemudian baiknya segera diatasi karena kalau tidak malah semakin parah dan bisa jadi membahayakan keselamatan Anda.

Perawatan Tepat Ketika Terkena Herpes

Mengatasinya pun bisa dengan beragam cara, dan usahakan ketika terkena herpes merawat masalah kesehatan ini dengan benar supaya lekas sembuh dan tidak semakin parah. Adapun perawatan selama herpes dialami antara lain:

  • Gunakan obat yang tepat,

Perawatan yang tidak boleh ketinggalan untuk mengatasi herpes dalam menggunakan dan mengkonsumsi beberapa jenis obat. Anda pasti hafal obat apa yang dipakai untuk merawat penyakit kulit ini, yakni asiklofir yang bisa ditemukan di berbagai apotek. Ada yang diminum ada yang berupa salep sehingga menjadi obat luar yang dioleskan. Gunakan secara teratur untuk membantu menyembuhkan herpes dengan cepat.

  • Baiknya tidak digaruk meski sangat gatal,

Herpes ini tentu akan semakin parah kalau Anda dengan sengaja menggaruknya, sebab ketika airnya pecah dan mengalir. Secara otomatis penyakit herpes akan merembet semakin lebar dan mengatasinya dijamin akan semakin sulit. Gangguan herpes memang akan memberikan sensasi gatal, panas, dan sejenisnya yang membuat tubuh tidak nyaman. Namun usahakan jangan digaruk dan tetap mandi seperti biasa agar kuman dan bakteri ikut luntur saat mandi, herpes pun bisa lekas sembuh.

  • Mandi dengan sabun yang mengandung antiseptik,

Beberapa orang beranggapan ketika herpes menyerang maka dianjurkan untuk diam di rumah dan tidak mandi. Tentunya anggapan ini tidak benar sebab herpes bisa semakin parah kalau tidak mandi sampai beberapa hari ke depan. Usahakan tetap mandi namun hati-hati, gunakan sabun yang mengandung antiseptik supaya herpes segera kering dan tidak terasa gatal maupun panas lagi. Opsional lain adalah berendam dengan air yang sudah dicampur dengan PK (permanganat kalium) yang bisa dibeli di apotek.

  • Teliti dalam mengatur pola makan,

Menjaga pola makan juga sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan herpes maka jangan dianggap enteng atau diabaikan. Konsumsi makanan tertentu yang berkhasiat mengatasi herpes ini sebut saja seperti makanan yang mengandung lisin. Terdapat pada kecambah, brokoli, dan juga kubis yang membantu mengeringkan herpes secara alami dari dalam. Kemudian konsumsi pula jenis makanan lain yang kaya nutrisi agar antibodi tubuh bekerja dengan maksimal. Mengatur pola makan sehat dan seimbang membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit herpes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *