Mengenal 4 Gejala Penyakit Hernia yang Wajib Diketahui

By | February 23, 2018

Siapapun Anda tentu kenal dengan beberapa jenis penyakit terutama yang dialami salah satu anggota keluarga sendiri maupun tetangga dekat rumah. Jenis penyakit ini ada banyak sehingga tidak memungkinkan orang awam bisa sefasih dokter dalam menghafal semuanya. Termasuk untuk kasus penyakit hernia yang oleh sebagian orang tidak disadari kalau tubuhnya menunjukan penyakit tersebut. Minimnya pemahaman mengenai penyakit serta rendahnya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, membuat penyakit ini tidak tertangani dengan tepat padahal cukup berbahaya.

Mengenal 4 Gejala Penyakit Hernia yang Wajib Diketahui

Kenali Gejala dari Hernia

Hernia merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya jaringan usus di dalam perut mengalami penurunan ke area di bawahnya, yakni di dekat area genital. Supaya lebih menyadari keberadaan penyakit ini maka kenali gejalanya sebagai berikut:

  • Muncul rasa sakit di area perut,

Gejala paling awal yang dialami penderita hernia ini adalah munculnya rasa sakit yang amat sangat di area perut. Rasa sakit ini muncul karena jaringan usus mulai menurun melewati celah yang terbuka diantara perut dengan diafragma. Usus yang keluar dari area seharusnya membuat rasa sakit pada perut dan kambuhan sehingga perlu segera di periksakan ke dokter penyakit dalam.

  • Keluarnya benjolan di area bawah perut,

Turunnya organ pencernaan yakni usus dari tempatnya semula tentu selain menimbulkan rasa sakit juga menunjukan perubahan di area sekitar perut. Salah satunya mulai muncul benjolan di area bawah perut yang seringkali terjadi di paha, lipatan paha, dan area genital bagi pria yang menderita penyakit hernia ini. Proses penurunan usus kadang terjadi lambat namun bisa pula sebaliknya dan ketika mulai terlihat benjolan jangan tunda keinginan memeriksakan diri ke dokter.

  • Pada pria testis akan mengalami pembesaran,

Hernia sebenarnya tidak hanya terjadi pada pria melainkan juga pada wanita terutama wanita yang hamil dan selesai melahirkan. Proses mengejan saat persalinan bisa memicu usus untuk turun ke bawah dan terjadilah hernia. Meski begitu gejalanya tentu berbeda terutama dilihat dari segi fisik penderitanya, karena pada pria sering diiringi benjolan pada testis. Sehingga testis ini akan mengalami pembesaran secara perlahan dan terlihat abnormal sehingga mempengaruhi kesuburan.

Baca juga Apa Saja Penyebab Penyakit Lupus? Simak Ulasannya Berikut Ini!

  • Sering mengalami mual dan juga muntah,

Pada kondisi akut, penderita hernia nantinya juga akan sering mengalami gangguan pencernaan seperti mual dan muntah. Gangguan pencernaan ini terjadi karena memang jaringan usus tidak berada pada posisi normalnya sehingga mengganggu sistem cerna. Usahakan untuk memeriksakan diri ketika dijumpai benjolan dan disertai rasa sakit sebab bisa mengganggu kenyamanan pencernaan. Jika dibiarkan nantinya akan memicu kanker usus, maka perlu segera ditangani dan tidak bisa sekedar minum obat melainkan dioperasi agar penyakit hernia segera sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *