Mengenal Asal Usul Literatur Obat Herbal Sebagai Penyembuhan

By | February 23, 2017

Obat herbal adalah obat yang bersifat  alami. Obat herbal yang murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis). Obat Herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, bawang putih, kurma, jintan hitam (Habbatussauda), dsb. Yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya Teripang (Gamat), Madu, Propolis, minyak ikan hiu, dsb. Ternyata alam secara alaminya telah menyediakan obat yang baik  untuk segala penyakit yang diderita oleh manusia.  Herbal pertama menurut  catatan literatur, diproduksi di Mesir Kuno, China, India, dan Eropa.

Pada akhir abad ke-17,  perkembangan ilmu kimia modern, toksikologi dan farmakologi mengurangi nilai obat dari herbal klasik. Herbal telah melihat kebangkitan sederhana di dunia barat sejak dekade terakhir dari abad ke-20, sebagai jamu dan (seperti homeopati dan aromaterapi) menjadi bentuk populer dari pengobatan alternatif.

Dengan kata lain obat herbal adalah penggunaan tanaman untuk tujuan pengobatan, dan studi botani untuk penggunaan tersebut. Tanaman telah menjadi dasar untuk perawatan medis melalui banyak sejarah manusia, dan obat-obatan tradisional seperti masih banyak dipraktekkan saat ini. Kedokteran modern mengakui herbal sebagai bentuk pengobatan alternatif, sebagai praktek jamu yang tidak ketat berdasarkan bukti yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah. obat modern, tidak, bagaimanapun, menggunakan banyak senyawa yang berasal dari tumbuhan sebagai dasar untuk obat farmasi yang telah dibuktikan dan diuji. Phytotherapy, dan bekerja fitokimia untuk menerapkan standar modern pengujian efektivitas untuk jamu dan obat-obatan yang berasal dari sumber alami. Ruang lingkup herbal adang-kadang diperluas untuk mencakup herbal dan lebah produk, serta mineral, kerang dan bagian-bagian hewan tertentu.

Bukti arkeologi menunjukkan bahwa penggunaan tanaman obat herbal sudah ada di  zaman Paleolitik, sekitar 60.000 tahun yang lalu. bukti tertulis dari obat herbal telah tertulis 5000 tahun lalu, di Sumeria, yang menyusun daftar tanaman. Sejumlah budaya kuno menulis tentang tanaman dan penggunaan medis mereka dalam buku-buku yang disebut herbal.

Di Mesir kuno, tumbuhan yang disebutkan dalam papirus medis Mesir, digambarkan dalam ilustrasi makam, atau pada kesempatan langka ditemukan dalam stoples medis mengandung jumlah jejak herbal. Di antara yang tertua, lengthiest, dan papirus medis yang paling penting dari Mesir kuno, Ebers Papyrus dari sekitar 1550 SM, dan mencakup lebih dari 700 obat-obatan, terutama yang berasal dari tumbuhan.  Herbal Yunani awal dikenal berasal dari Theophrastus dari Eresos sebelum masehi menulis dalam bahasa Yunani Historia Plantarum, dari Diocles dari karystos kuno selama abad ke-3, dan dari Krateuas yang menulis di abad ke-1 SM Hanya beberapa fragmen dari karya-karya ini yang telah bertahan utuh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *