Mengenal Detail Penyakit TBC dan Cara Mengobatinya 

By | May 21, 2018

TBC merupakan sebutan untuk penyakit tuberculosis yang merupakan penyakit menyerang organ paru-paru. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dan merupakan jenis penyakit yang mudah menular. Dimana penularannya bisa melalui batuk karena adanya titik air liur yang keluar dari penderita dan dihirup atau terkena oleh orang lain. Terutama untuk yang mempunyai kekebalan tubuh yang kurang maka akan lebih mudah untuk tertular penyakit yang satu ini. Di Indonesia sendiri penyakit ini termasuk yang mengancam karena masuk dalam list negara dengan penyakit tuberculosis terbanyak. 

Mengenal Detail Penyakit TBC dan Cara Mengobatinya 

Oleh karena itulah masyarakat perlu untuk berhati-hati agar tidak mudah untuk terkena penyakit yang satu ini. Sehingga perlu untuk mengenal detail dari penyebab, gejala, dan juga cara mengobatinya agar lebih mudah untuk mengenalinya semenjak dini dan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Misalnya pertama yang harus diketahui adalah dari gejala penyakit ini, dimana untuk gejala dan jenis ini adalah sebagai berikut ini: 

  • Gejala yang paling sering muncul dari penyakit tbc adalah batuk karena menyerang organ pernafasan. Sehingga ketika Anda mengalami batuk yang lama dan lebih dari 21 hari bisa untuk memeriksakannya ke dokter.
  • Gejala yang kedua adalah ketika berat badan yang turun secara drastis. Hal tersebut umumnya karena nafsu makan yang turun sehingga menyebabkan berat badan yang juga turun.
  • Gejala lainnya adalah mengalami demam dan berkeringat di malam hari.
  • Gejala lainnya yang menandai penyakit ini adalah mengalami batuk darah, nyeri di bagian dada, dan juga tubuh merasa lemah.

Oleh karena itulah bagi yang sudah merasa badan tidak enak dan mempunyai gejala-gejala seperti di atas, akan lebih baik untuk periksa ke dokter. Agar penyakit ini dapat dideteksi sedari dini dan bisa untuk diobati lebih efektif. Selain gejala, Anda juga harus mengetahui penyebab dari penyakit ini. Dimana untuk penyebab yang bisa terjadi adalah sebagai berikut ini:

  • Seorang perokok yang merokok dan menghisap asap rokok setiap waktu.
  • Seorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah seperti penderita HIV AIDS.
  • Seorang yang mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang.
  • Seorang yang sering berhubungan dengan penderita TB aktif.
  • Seorang yang mengalami malnutrisi atau kurang gizi.

Baca juga Jenis Penyakit Terbaru dan Mematikan yang Ada di Dunia

Ketika Anda menyadari gejala yang dialami dan juga mempunyai alasan karena dekat dengan penyebab yang bisa menyebabkan orang mengalami tbc, maka langkah mudah selanjutnya adalah dengan periksa ke dokter. Dimana untuk dapat mendiagnosis pasien biasanya akan dilakukan rontgen dada, tes mantaoux, tes darah, dan juga melakukan tes dahak. Setelah hasilnya keluar dan mempunyai hasil yang positif maka tahap selanjutnya adalah pengobatan. Dan untuk pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat yaitu mengkonsumsi obat antibiotik dalam jangka waktu yang ditentukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *