Mengenal Indikasi Terjadinya Kanker Kulit yang Harus Anda Ketahui

By | April 9, 2018

Orang dengan jenis pigmen kulit putih, secara ilmiah memang akan lebih rentan terkena kanker yang menyerang bagian kulit tubuh mereka. Hal tersebut lebih dikarenakan tipisnya pigmen perlindungan sinar ultra violet yang dimiliki oleh orang dengan jenis kulit putih. Tipisnya sistem perlindungan inilah yang menyebabkan orang berkulit putih menjadi rentan terkena dengan paparan sinar matahari. Namun hal tersebut tidak hanya dialami oleh orang dengan jenis kulit putih saja, namun orang berkulit hitam yang sering terkena paparan sinar ultra violet secara langsung pun akan dengan mudah terserang kanker kulit, jika memang mereka tidak mampu menjaga gaya hidup sehat dalam diri mereka.

 Mengenal Indikasi Terjadinya Kanker Kulit yang Harus Anda Ketahui

Kanker yang menyerang pada kulit manusia, biasanya akan memiliki resiko kematian yang sangat kecil, hal ini lebih disebabkan karena adanya gejala yang timbul pada bagian permukaan kulit penderita, yang mudah untuk dideteksi. Pada awal mengidap penyakit ini, biasanya para penderita akan mengidap tumor ringan yang ditandai dengan munculnya tompel ataupun benjolan yang terlihat pada permukaan kulitnya. Ketika tanda-tanda ini muncul, maka penderita pastinya akan merasa terganggu, sehingga mereka akan langsung mengkonsultasikannya pada dokter dengan segera. Dengan penanganan yang cepat inilah, maka resiko kematian dan penyakit yang bertambah parah akan dapat dihindari.

 

Berikut ini beberapa ciri dari benjolan yang dapat mengindikasikan adanya penyakit kanker kulit dalam diri seseorang, yang antara lain adalah:

  • Benjolan yang mengindikasikan adanya kanker pada bagian kulit tubuh, akan memiliki bentuk yang tidak simetris antara bagian kanan dan kiri benjolan.
  • Benjolan memiliki bagian tepi yang tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.
  • Warna benjolan yang tidak rata, dan cenderung terdapat gradasi warna pada bagian benjolan yang terdapat pada permukaan kulit tersebut.
  • Besaran diameter benjolan tidak wajar dan cenderung lebih besar dari diameter sebuah pensil.

Baca Juga : Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker Kulit yang Mematikan  

Benjolan yang mengindikasikan adanya kanker biasanya akan berubah-ubah bentuk jika kita amati dengan teliti. Selain benjolan tompel yang tumbuh dalam jumlah yang tidak beraturan ataupun banyak di beberapa bagian tubuh, wajib untuk Anda perhatikan dengan seksama, dan segera konsultasikan dengan segar pada dokter specials kulit yang memang biasa menangani Anda. Dengan konsultasi yang disegarkan inilah, maka bila benjolan ataupun tompel tersebut terindikasi sebagai tumor, maka penanganan dengan segera pun dapat diatasi dengan mudah.

 

Benjolan dan tompel yang timbul pada permukaan kulit dan terindikasi sebagai tumor, jika tidak diatasi dengan segera, maka pertumbuhan tumor tersebut dapat berlanjut hingga menjadi kanker kulit, yang mungkin saja dapat tumbuh dan menjalar pada bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu segera kenali benjolan yang ada pada tubuh dan berikan penanganan yang tepat sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *