Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus Beserta Gejalanya

By | June 8, 2018

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang penyakit ini, lupus. Meskipun sudah sangat familiar di telinga masyarakat dewasa ini namun pengetahuan tentang penyakit ini masih sangat minim. Dari mulai penyebab, gejala, dan cara pengobatannya. Oleh karena itu sebenarnya apa si penyakit lupus?

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Lupus Beserta Gejalanya

Penyakit Lupus Secara Umum

Lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh atau yang bisa dikategorikan ke dalam penyakit autoimun. Penyakit ini merusak sel-sel tubuh sehingga terjadi peradangan. Sederhananya, penyakit lupus merupakan kondisi dimana antibodi diproduksi secara berlebih. Pada tubuh yang normal antibodi berguna untuk melindungi tubuh dari zat asing dan sebagainya agar terhindar dari penyakit. Namun, dalam kasus lupus antibodi tersebut malah menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Sehingga orang yang terkena lupus atau yang sering disebut odapus mudah terkena penyakit karena antibodinya menyerang sel-sel sehat di dalam tubuhnya.

Gejala Penyakit Lupus

Penyakit lupus sering disebut dengan penyakit 1000 wajah karena gejalanya hampir mirip dengan penyakit lainnya sehingga sangat sulit untuk dideteksi sejak dini. Ada beberapa gejala yang mungkin harus Anda ketahui yaitu nyeri dan bengkak pada persendian, mulut atau hidung terluka namun tidak kunjung sembuh, terdapat darah atau protein di dalam urine, kemudian muncul ruam-ruam di kulit.

Selain itu penyakit lupus dapat dikenali jika terjadi demam disertai rambut rontok dan sesak napas akibat peradangan pada paru-paru. Apabila Anda mengalami minimal 4 gejala yang telah disebutkan tadi. Sebaiknya cepat-cepat berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter.

Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Lupus

Faktor yang pertama adalah dapat dilihat dari jenis kelamin, tahukah Anda jika seorang wanita lebih banyak risiko terkena penyakit lupus. Hal tersebut karena berkaitan dengan genetik yang ada di dalam tubuh wanita. Berikutnya adalah faktor ras, biasanya penyakit ini banyak menyerang ras Afrika dan ras Asia. Selain itu, bagi Anda yang sering mengonsumsi obat-obatan seperti obat anti kejang, tekanan darah, sampai antibiotik dapat berisiko terkena lupus apabila berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut. Faktor selanjutnya yang sering kita alami adalah sering terkena paparan sinar matahari terlalu banyak. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan rentan terkena lupus karena sel atau organ yang sensitif.

Baca juga Rahasia Obat Tradisional yang Ternyata Dapat Mengatasi Penyakit Lupus

Untuk menghindari bahaya dari penyakit lupus Anda bisa melakukan hal berikut diantaranya adalah makan makanan yang mengandung antioksidan tingi seperti buah dan sayuran segar. Kemudian makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan juga sangat baik untuk dikonsumsi dalam rangka mencegah dari lupus. Selain itu, karena lupus menyerang persendian maka untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kalsium dan vitamin D yang tinggi misalnya susu atau sayuran yang berwarna hijau tua, beserta kacang-kacangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *