Mengenal Pengobatan Alternatif Terpopuler Saat Ini!

By | September 14, 2017

Siapapun orangnya pastilah tidak menghendaki untuk sakit. Tentunya kondisi sakit membuat tubuh merasa tidak nyaman dan kegiatan keseharian pun menjadi terbatas karenanya. Kini tak hanya pengobatan medis saja yang dipercaya masyarakat, namun pengobatan alternatif pun banyak muncul di masyarakat. Terkadang masyarakat lebih memilih untuk datang ke pengobatan yang alternatif karena diklaim tidak menimbulkan efek samping dan juga lebih murah.

Pada dasarnya, untuk pengobatan jenis alternatif ini sebetulnya masih harus dikaji lebih jauh lagi karena belum ada bukti ilmiah yang menyatakan kebenarannya. Umumnya masyarakat tergoda adalah karena testimoni dari beberapa pasien yang pernah berobat di pengobatan jenis alternatif tersebut. Padahal bukti ilmiah merupakan faktor penting sehingga mampu menunjukkan efektivitas, keamanan hingga mutu pengobatannya.

Berikut ini beberapa jenis pengobatan alternatif yang kini sedang digandrungi masyarakat:

  • Homeopati

Pertama adalah homeopati dimana pengobatan ini dilakukan dengan penyembuhan dari bahan alami. Obat homeopati akan bekerja sama dengan sistem kekebalan pada tubuh lalu mempertahankan diri menghadapi serangan penyakit. Hal ini kemudian menjadikan homeopati mampu merangsang daya tahan tubuh untuk bisa mempercepat penyembuhan hingga mencegah efek samping.

  • Hipnoterapi

Selanjutnya ada hipnoterapi yang banyak digunakan dalam tujuan kuratif misalnya kecanduan obat terlarang. Bahkan kini hipnoterapi juga sudah banyak dikembangkan dengan menyembuhkan insomnia, masalah memori, gagap hingga menurunkan berat badan. Kini hipnoterapi juga banyak digunakan untuk menyembuhkan masalah psikologi seperti gangguan kecemasan.

  • Gurah

Mungkin Anda sudah banyak mendengar tentang pengobatan yang satu ini. Gurah adalah satu metode tradisional dalam pengobatan untuk bisa mengeluarkan lendir dari dalam tubuh yaitu dengan ramuan herbal. Gurah ini dilakukan dengan menetes ekstrak daun bernama srigunggu dan jenis daun lainnya ke hidung atau mulut sehingga bisa memicu keluarnya lendir di dalam tubuh.

  • Bekam

Untuk terapi alternatif, bekam juga banyak disukai karena mampu mengambil darah kotor untuk dapat mengatasi ragam jenis gangguan kesehatan. Umumnya penderita darah tinggi serta kolesterol yang paling banyak menjalankan terapi yang satu ini. Pada bekam, darah yang kotor akan dikeluarkan melalui pembuluh arteri dengan disayat sehingga orang terlatih saja yang boleh melakukannya.

  • Akupuntur

Teknik pengobatan China zaman dulu ini masih populer hingga sekarang yang dilakukan dengan menusuk jarum ke beberapa bagian tubuh tertentu. Akupuntur juga banyak yang sudah membuktikan keberhasilannya sehingga semakin populer

Itulah beberapa metode pengobatan alternatif yang hingga saat ini sangat populer dan banyak dipilih masyarakat. Memang memilih pengobatan jenis alternatif sah-sah saja, namun ada baiknya memastikan jika praktisi dari pengobatan jenis alternatif tersebut memang orang yang sudah terlatih dan tidak sembarangan sehingga Anda mampu mencapai kesembuhan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *