Mengenal Penyakit Kanker Lidah dan Penyebabnya

By | January 9, 2018

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Ada kanker rahim, payudara, tenggorokan, prostat, kanker kulit dan jenis kanker yang lainnya. Namun, ada jenis kanker yang sering diabaikan yaitu kanker lidah. Kanker yang terjadi di bagian lidah ini disebut juga dengan kanker sel skuamosa. Hal tersebut disebabkan karena kanker jenis ini paling sering menyerang sel skuamosa. Sel skuamosa sendiri merupakan sel dengan bentuk datar atau pipih yang terlihat seperti kulit dan melapisi bagian permukaan hidung, laring, mulut, tirois serta tenggorokan.

Kanker sel skuamosa ini terjadi karena beberapa penyebab. Pertama adalah merokok. Merokok merupakan salah satu penyebab terbesar kanker di daerah kepala dan leher. Tidak hanya perokok aktif yang bisa terkena kanker sel skuamosa namun juga perokok pasif. Kedua adalah minuman keras atau alkohol. Alkohol sebenarnya bagus untuk tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah yang dianjurkan. Namun terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan resiko terkena kanker di lidah menjadi lebih tinggi apalagi jika dikombinasikan dengan merokok.

Ketiga adalah HPV atau human papilomavirus. Virus ini menyebabkan pertumbuhan jaringan yang tidak normal di bagian mulut sehingga bisa memicu kanker termasuk kanker lidah. Penularan virus dapat terjadi dengan kontak langsung orang yang mengidap penyakit kulit atau benda yang terkontaminasi dengan virus HPV atau dari hubungan seks baik hubungan intim, oral ataupun anal.

Keempat adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Kanker pada lidah bisa saja terjadi karena terjadinya luka yang ada di bagian mulut dan luka tersebut tidak kunjung sembuh. Luka yang bisa terjadi pada mulut diantaranya adalah karena patahan gigi, sariawan yang tidak kunjung sembuh. Dari penelitian yang dilakukan Departemen Kesehatan Indonesia menunjukkan jika orang yang memiliki kebersihan mulut yang buruk memiliki resiko kanker rongga mulut termasuk yang terjadi di lidah, sebesar 2-3 kali lebih tinggi daripada orang yang bisa menjaga kebersihan mulut.

Kanker lidah bisa dideteksi dengan gejala sebagai berikut namun sebagai catatan, gejala tersebut bisa saja menunjukkan penyakit atau infeksi lain. Gejala yang harus diperhatikan adalah sakit pada tenggorokan yang berlangsung secara terus menerus, adanya bercak yang berwarna merah ataupun putih atau benjolan maupun sariawan yang tidak kunjung sembuh, sakit ketika menelan, rasa kebas di mulut yang tak kunjung hilang, pendarahan di lidah tanpa sebab, sakit pada telinga. Untuk memastikan apakah benar mengalami kanker sel skuamosa maka diperlukan diagnosa yang dilakukan dengan metode staging dengan sistem TNM untuk mengetahui tingkat keparahan sejauh mana kanker menyebar. Sistem TNM tersebut yaitu:

  • T untuk ukuran tumor lidah dengan T1 adalah yang terkecil dan T4 adalah yang terbesar dan terdalam.
  • N untuk penyebaran pada kelenjar limfa dan regio leher.
  • M untuk menggambarkan penyebaran ke bagian tubuh yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *