Mengenal Penyakit Terbaru Berbahaya yang Bisa Ditularkan dari Hewan

By | September 12, 2017

Di era yang serba modern seperti saat ini, banyak sekali penyakit yang berkembang di masyarakat. Memang gaya hidup yang berubah juga menjadi faktor yang menyebabkan munculnya ragam penyakit. Sebut saja darah tinggi, jantung hingga diabetes yang diakibatkan oleh gaya hidup tak sehat masyarakat masa kini. Namun ada juga banyak sekali penyakit terbaru yang meresahkan dan muncul di lingkungan masyarakat. Setelah diteliti, penyakit berbahaya tersebut justru datang dari penularan oleh hewan.

Berikut ini beberapa jenis penyakit berbahaya yang bisa ditularkan oleh hewan di sekitar Anda yang patut untuk diwaspadai:

  • Flu burung

Beberapa tahun yang lalu penyakit ini menjadi momok yang amat menakutkan bagi semua masyarakat yang memiliki unggas dan burung di sekitar rumahnya. Virus ini menjangkit jenis burung dan unggas lalu menularkannya ke manusia sehingga sangat mengkhawatirkan. Tercatat sudah banyak sekali penderita yang meninggal dunia. Penularannya bisa lewat udara yang sudah tercemar virus H5N1.

  • Flu babi

Selain flu burung ada juga virus flu yang menjangkit babi. Virus ini banyak meresahkan masyarakat karena memang sudah banyak yang jadi korban. Jika flu burung diakibatkan H5N1, maka flu babi diakibatkan oleh H1N1 dan bisa ditularkan lewat binatang ke manusia dan manusia ke manusia.

  • Rabies

Rabies memang bukan penyakit terbaru, namun tetap saja masuk daftar penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh hewan misalnya anjing, kera, kucing dan hewan lainnya ke manusia. Rabies ini biasa disebut penyakit anjing gila dimana mampu menyerang hingga ke susunan sistem syaraf pada manusia sehingga mampu menyebabkan kematian bagi penderitanya.

  • Cacingan

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Meski begitu, penderita tentu juga tak nyaman ketika mendapati penyakit ini di tubuhnya. Untuk sebagian besar orang memang penyakit ini sering disepelekan, padahal jika terus dibiarkan cacing yang ada di tubuh bisa menjadi penyebab infeksi di seluruh organ tubuh. Ciri penderita cacingan adalah badan kurus, diare hingga dehidrasi dan anemia yang disebabkan infeksi cacing. Banyak yang menyepelekan penyakit ini dan akhirnya meninggal.

  • Toxoplasmosis

Penyakit ini ditularkan dari hewan sejenis kucing namun kucing hutan, harimau hingga kucing jenis rumahan biasa. Umumnya yang tertular adalah wanita dan mampu menyebabkan kemandulan, gugur kandungan hingga cacat bayi lahir.

Itulah beberapa penyakit terbaru yang amat berbahaya dan ditularkan melalui hewan ke manusia. Untuk itu, jika mendapati keluarga, teman atau saudara mengalami gejala-gejala penyakit aneh dan tidak lazim maka ada baiknya segera di periksakan ke dokter sehingga bisa diberikan penanganan yang tepat. Ada baiknya juga jika hewan peliharaan atau hewan ternak di periksakan kesehatannya secara berkala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *