Mengenal Penyebab, Gejala dan Obat Diabetes

By | August 5, 2016

Diabetes mellitus atau yang dikenal juga dengan istilah kencing manis adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah meningkat. Kita sering mendengar istilah diabetes kering dan basah, sebenarinya apa yang membedakan keduanya? Apa penyebabnya dan tanda-tandanya? Lalu apa obat diabetes yang ampuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Perbedaan Diabetes Basah dan Diabetes Kering

Diabetes mellitus dibagi menjadi beberapat  tipe, ada diabetes tipe 1 dan tipe 2. Yang dimaksud dengan diabetes kering adalah diabetes tipe 1, sedangkan diabetes basah adalah diabetes tipe 2. Yang membedakan keduanya adalah kadar gulanya. Biasanya kadar gula diabetes basah lebih tinggi dibandingkan dengan diabetes kering.

Penyebab Diabetes Melitus

Diabetes bisa disembuhkan dengan cara menjaga kadar gula dalam keadaan seimbang. Diabetes kering diisebabkan karena adanya gangguan metabolisme akibat pancreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai jumlah yang dibutuhkan. Sedangkan diabetes basah akibat sel-sel di dalam tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan efektif walaupun jumlah isulin sudah cukup. Akibatnya kadar gula darah menjadi tidak seimbang/ tidak terkontrol.

Gejala Diabetes

Jika seseorang terkena diabetes akan mengalami gejala atau tanda. Berikut adalah gejala diabetes:

  • Sering pipis (buang air kecil) hal ini disebabkan karena ginjal sering membersihkan glukosa di dalam darah yang berlebihan.
  • Karena sering buang air kecil, maka sering juga merasa haus.
  • Merasa lapar walaupun sudah makan seperti biasa.
  • Pandangan menjadi kurang jelas.
  • Berat badan menurun.
  • Mudah lelah
  • Sering kesemutan, mati rasa, nyeri tulang dan sendi.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya periksa segera kadar gula secepatnya dan segera obati. Jika didiamkan terlalu lama dikhawatirkan menimbulkan komplikasi seperti: penyakit jantung, stroke, kebutaan, ginjal, amputasi, kerusakan saraf dan pembuluh darah, amputasi dan masalah pada kehamilan.

Obat Diabetes Melitus

Penderita diabetes mellitus harus terus minum obat atau suntik insulin sepanjang hidupnya. Nah, pertimbangannya jika mengkonsumsi obat kimia dalam waktu yang lama dikhawatirkan menyebabkan kerusakan organ hati dan ginjal.

Salah satu solusinya adalah menggunakan obat diabetes herbal tradisional. Berdasarkan data dari National Institutes of Herbal terdapat lebih dari 400 obat diabetes berasal dari tanaman. Menggunakan obat dari bahan alami lebih aman, karena tidak mengandung bahan kimia.

Sedangkan penggunaan insulin lebih tepat digunakan untuk penderita diabetes kering (tipe 1), sedangkan untuk penderita diabetes basah (tipe 2) pemberian insulin tidak berpengaruh karena sel-sel tubuh menolak insulin saat proses metabolism gula darah.

Beberapa bahan alami yang berkhasiat menjadi obat diabetes adalah: brotowali, kemangi, kunyit, mengkudu, buncis, daun sirsak, tanaman mahkota dewa dan lain sebagainya. Sekarang sudah ada obat alami dalam bentuk kemasan yang sudah melalui proses ekstrak. Namun alangkah baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *