Mengenal Perbedaan Jenis Penyakit Menular Kusta yang Harus Anda Ketahui

By | October 28, 2018

Kusta merupakan salah satu penyakit menular yang banyak ditakuti oleh orang. Penyakit kusta sendiri disebabkan oleh jenis bakteri yaitu mycobacterium leprae yang bisa menyebabkan orang lain terkena penyakit kusta ini melalui kontak dekat dan juga lama. Penyebaran penyakit kusta ini sendiri biasanya karena cairan hidung dan juga dari mulut penderitanya. Penyakit kusta ini mempunyai beberapa gejala yang terlihat sehingga bisa diobati dengan tepat sesuai dengan jenisnya. Penyakit kusta sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis yang ada seperti berikut ini:

Mengenal Perbedaan Jenis Penyakit Menular Kusta yang Harus Anda Ketahui

  • Tuberkuloid

Jenis penyakit kusta yang pertama dan dalam tahap yang ringan adalah tuberkuloid. Pada tahap ini biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala yaitu bercak putih dan datar yang ada di kulitnya. Pada area yang mengalami bercak tersebut juga mengalami mati rasa karena adanya saraf yang tidak berfungsi dengan normal karena matinya saraf pada bagian bawahnya. Hal tersebut akan menyebabkan jenis kusta tuberkuloid ini tidak terlalu menular dibandingkan jenis penyakit kusta yang lain.

  • Lepromatosa

Jenis penyakit menular kusta selanjutnya juga dikenal dengan lepromatosa yang sudah ada dalam tahap lebih berat. Pada tahap ini penderitanya akan mengalami banyak bercak kulit yang menonjol dan juga bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh sehingga sangat terlihat. Akan tetapi benjolan tersebut membuat kulitnya mati rasa karena terjadi kelemahan otot pada penderitanya. Selain pada kulit, kusta yang satu ini juga menyerang anggota tubuh lainnya yaitu hidung, ginjal, dan juga organ reproduksi para pria. Dibandingkan dengan jenis sebelumnya, jenis kusta ini akan lebih mudah untuk menular sehingga harus diwaspadai dan juga dilakukan pencegahan agar tidak menular ke orang lain.

  • Borderline

Dan jenis penyakit kusta yang terakhir adalah boderline yang merupakan kusta gabungan dari kedua tipe sebelumnya. Ada borderline tuberculoid leprosy yang akan membuat adanya benjolan pada kulit dan mempunyai ukuran lebih kecil tetapi tidak banyak. Selain itu jenis ini juga lebih lahap lama dan bisa menjadi tuberculoid. Sedangkan untuk borderline lepromatous leprosy bisa mempunyai banyak benjolan dan juga menyebabkan mati rasa. Jenis ini dapat sembuh atau bertahap apabila diobati dan ditangani dengan tepat.

Baca juga: Hati-Hati Penyakit Kulit Mudah Menular

Untuk mencegah dan juga mengobati penyakit menular kusta ini sendiri bisa untuk menggunakan beberapa cara yang efektif. Misalnya saja dengan menghindari resiko penularan penyakit kusta dari penderita ke orang lain. Misalnya dengan tidak melakukan kontak fisik dengan hewan yang menderita kusta tanpa sarung tangan, tidak bertempat tinggal di kawasan yang memang dikenal sebagai endemik kusta, dan juga memastikan bahwa Anda tidak mempunyai kelainan genetik yang dapat menyebabkan terkena kusta karena sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *