Mengobati Batuk Berdahak dengan Resep Tradisional

By | April 23, 2018

Batuk merupakan salah satu reaksi alergi yang dikeluarkan oleh manusia, akibat adanya serangan kuman ataupun zat asing yang masuk kedalam tubuh manusia. Reaksi alergi ini dimunculkan karena menurunnya sistem pertahanan tubuh yang lebih dikenal dengan imun tubuh dalam diri seseorang. Reaksi alergi yang satu ini, biasanya dapat kita jumpai dalam dua kondisi, yaitu batuk dengan dahak ataupun batuk kering. Batuk berdahak sendiri, merupakan batuk akibat adanya kuman yang menyerang pada bagian saluran pernafasan, sehingga menyebabkan timbulnya infeksi pada paru-paru. Infeksi inilah yang mengakibatkan produksi dahak pada paru-paru menjadi lebih banyak dari jumlah produksi biasanya.

Mengobati Batuk Berdahak dengan Resep Tradisional

Penyebab batuk dengan dahak sendiri, biasanya lebih diakibatkan karena adanya gangguan pada saluran pernafasan. Namun demikian penyebab batuk dengan dahak ini, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya para pengidap batuk, sedang mengalami influenza, infeksi saluran pernafasan atas, menghirup udara yang banyak terkena polusi, merokok, serta meningkatnya asam lambung dari tubuh penderita. Untuk dapat mengatasi permasalahan batuk ini, biasanya para penderita akan mengkonsumsi obat batuk khusus untuk menghilangkannya. Kandungan zat pada obat batuk yang terkadang dapat membuat kita merasakan kantuk yang berat, seringkali menjadi alasan bagi para penderita untuk tidak mengkonsumsi ataupun menghentikannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, obat batuk tradisional mungkin dapat Anda gunakan.

Berikut ini beberapa ramuan obat batu tradisional, yang mungkin dapat Anda gunakan untuk menghilangkan batuk berdahak yang sedang Anda alami, yang diantaranya adalah:

  • Campuran jeruk nipis dan kecap, obat tradisional ini memang lebih dikenal dapat mengobati gangguan batuk yang And derita. Anda hanya perlu menyiapkan air perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok makan, dan tambahkan kecap secukupnya kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur 3 kali sehari, maka batuk dengan dahak yang Anda alami akan dapat dihilangkan dengan mudah.
  • Air rebusan jahe dan kencur, hanya dengan 2 ruas jahe dan kencur dalam jumlah secukupnya, Anda dapat merebus campuran ini dengan menggunakan air sampai mendidih. Saringlah air rebusan tersebut dan minumlah secara teratur minimal 1 kali dalam satu hari.

Selain resep tradisional diatas, Anda juga dapat menggunakan rebusan jahe dan daun sirih untuk dijadikan obat pereda batuk secara tradisional. Tidak hanya dapat meredakan sakit mata, daun sirih yang dicampur dengan jahe, dapat Anda jadikan sebagai ramuan tradisional penghilang batuk dengan dahak yang Anda alami. Konsumsilah ramuan tersebut secara teratur, agar hasil maksimal dapat Anda peroleh.

Baca juga Cara Mengatasi Batuk Berdahak yang Tepat pada Bayi

Untuk lebih meringankan batuk berdahak yang Anda alami, maka sering-seringlah untuk berkumur-kumur dengan air garam yang hangat, agar kuman yang menempel dapat hilang dan larut pada cairan garam tersebut. Lakukan treatment berkumur ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur, agar batuk yang menghinggapi akan lebih berkurang dan bahkan dapat sembuh dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *