Mengulas Manfaat Jahe untuk Kesehatan Mulai dari Atasi Masalah Pencernaan Hingga Cegah Penyakit Kanker

By | September 26, 2018

Jahe bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, melainkan juga banyak digunakan untuk obat-obatan, mengingat manfaat jahe ini sendiri sangatlah banyak. Tumbuhan yang satu ini termasuk begitu mudah dijumpai di Indonesia, apalagi untuk menanamnya juga bukan hal yang sulit. Banyak orang yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam tubuh yang satu ini. sehingga kedepannya tak perlu membeli lagi untuk kebutuhan bumbu dapur maupun digunakan sebagai obat herbal.

 

Jahe sendiri memiliki aroma yang cukup khas dan juga nikmat, banyak yang menjadikannya sebagai campuran untuk minuman. Apalagi jahe juga memiliki efek dalam menghangatkan suhu tubuh. Berikut ini diantara ragam manfaat jahe untuk kesehatan yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Membantu dalam mengatasi masalah pencernaan, jahe mengandung sebuah senyawa bernama phenolic, yaitu senyawa yang memiliki manfaat di dalam mengatasi beberapa masalah pada lambung seperti diantaranya adalah iritasi pada dinding lambung, menstimulasi air liur dan juga membantu mencegah terjadinya kontraksi pada bagian perut. Bahkan beberapa jenis penyakit seperti diantaranya adalah kolik juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan dari jahe ini.
  2. Dapat mengurangi mual, sedangkan untuk Anda yang juga mengalami masalah seperti masuk angin atau mual, maka jahe ini mampu untuk meredakannya. Rimpang yang satu ini memiliki aroma yang menenangkan, juga rasa hangat. Sehingga dapat bekerja secara efektif dalam mengatasi mual akibat mabuk kendaraan maupun pada ibu yang sedang hamil.
  3. Dapat mengurangi rasa sakit, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di University if Georgia, diketahui bahwa dengan mengkonsumsi suplemen atau minuman dari jahe bisa mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan karena olahraga yang terlalu berlebihan hingga 25%. Nyeri saat menstruasi juga dapat berkurang sakitnya dengan mengkonsumsi jahe.
  4. Membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh, mengkonsumsi jahe secara teratur ternyata juga sangat bagus bagi tubuh di dalam mengeluarkan racun-racun, karena membuat tubuh terasa lebih hangat kemudian berkeringat, lebih banyak senyawa berbahaya yang bisa keluar dari tubuh.
  5. Mencegah penyakit kanker, berdasarkan sebuah penelitian, dengan mengkonsumsi jahe secara teratur sangat bagus di dalam mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Karena ternyata di dalam jenis rimpang yang satu ini terdapat senyawa gingerol yang dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada usus besar.
  6. Mencegah terjadinya peradangan, salah satu zat lain yang juga terdapat di dalam jahe adalah anti inflamasi, bagus untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit sendi, dapat mengurangi resiko terjadinya peradangan.

 

Konsumsi secara teratur dalam bentuk wedang jahe, memungkinkan Anda dapatkan manfaat jahe tersebut untuk kesehatan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *