Menilik Ciri-ciri Penyakit Herpes yang Belum Diketahui Banyak Orang

By | February 21, 2018

Sebagian besar dari kita sudah pernah atau lumayan sering terkena penyakit herpes yakni penyakit kulit dengan bentuk fisik berupa peradangan. Penyakit ini disebabkan oleh virus maka tidak perlu heran apabila proses penularannya sangat cepat bahkan melalui udara. Inilah alasan mengapa penderita herpes baiknya segera diobati dan melakukan isolasi diri untuk sementara waktu supaya mencegah proses penularan ke orang sekitar. Obatnya sendiri bahkan sangat terkenal yakni ansiklofir baik dalam bentuk salep maupun obat minum.

Kenali Ciri-Ciri dan Gejala Herpes

Herpes yang segera diobati dijamin akan segera sembuh dan tidak semakin melebar sayangnya tidak semua orang langsung menyadari kalau mengalami herpes. Maka kenali dulu beberapa cirinya di bawah ini agar bisa langsung ditangani:

  • Kulit terasa sangat gatal,

Kali pertama herpes dialami oleh tubuh akan menunjukan gejala gatal dan uniknya rasa gatal ini kadang tidak berbeda dengan gatal biasa. Misalnya karena biang keringat, akan tetapi jika rasa gatal ini hanya ada pada satu titik yang sama dan perlahan semakin terasa panas. Maka bisa disimpulkan herpes tengah mulai berkembang sehingga bisa di periksakan ke dokter untuk memastikan.

Baca juga: Menderita Penyakit Herpes? Ini Dia Cara Tepat untuk Mengatasinya!

  • Kulit yang gatal menjadi kemerahan,

Ciri lain yang berkembang dari penyakit herpes setelah muncul rasa gatal yang terjadi terus-menerus di titik yang sama. Adalah mulai muncul warna kemerahan, warna ini semakin hari akan semakin pekat. Beberapa penderita bahkan kerap menjumpai warna kemerahan ini menjadi merah darah atau keunguan. Pada tahap ini usahakan untuk tidak menunda di periksakan ke dokter, sebab bisa jadi bukan herpes meskipun gejalanya memang 90% adalah herpes.

  • Mulai bermunculan bintik kemerahan,

Selain gatal dan kemerahan beberapa orang yang terjangkit virus herpes juga menjumpai kemunculan bintik merah. Sekilas tidak beda jauh dengan cacar air hanya saja ukurannya lebih kecil meskipun ketika dibiarkan ukuran bintik ini semakin beragam. Ada yang kecil ada pula yang agak besar dan jumlahnya akan banyak meski baru pertama kali muncul. Kalau memang dijumpai bintik kemerahan kecil-kecil dan lumayan banyak cobalah diberi bedak gatal untuk meredakan reaksi selanjutnya. Kalau sudah positif terkena herpes baru diberi obat khusus.

  • Terlihat bergelembung karena berisi cairan,

Herpes juga kerap terlihat berupa kulit kemerahan disertai gelembung kecil dan tidak merata pada kulit yang kemerahan tersebut. Gelembung ini berisi cairan yang bisa bocor kapan saja terutama ketika terkena gesekan. Rasa gatal yang menyertai herpes membuat penderitanya kerap tidak sabar untuk menggaruknya. Padahal kalau cairan dalam gelembung kulit ini sampai meleleh maka herpes akan semakin melebar. Maka usahakan jangan di garuk melainkan dioleskan dengan salep khusus penyakit herpes agar gatal dan panasnya segera mereda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *