Menilik Faktor Penyebab Penyakit Liver dan Cara Menghindarinya

By | October 10, 2017

Masyarakat melakukan pola hidup sehat, berolahraga dengan rutin, dan juga rajin check up kesehatan semata-mata untuk dapat sehat dan berumur panjang. Ketika melakukan pola hidup sehat masyarakat percaya dapat untuk menghindari penyakit karena penyebabnya memang dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, mengacuhkan kesehatan, dan juga karena faktor lainnya. Terdapat banyak penyakit berbahaya yang menghantui masyarakat salah satunya adalah penyakit liver yang tentu saja juga mempunyai penyebabnya sendiri. Penyakit yang menyerang bagian hati dan merusak hati tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal sehingga dapat mengakibatkan gagal hati dan kerusakan hati. Beberapa penyebab yang dapat untuk menghindari penyakit yang satu ini dan juga untuk menghindarinya adalah sebagai berikut ini:

  • Adanya infeksi

Faktor penyebab pertama yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit hati ini adalah karena adanya infeksi. Seseorang dapat untuk terjangkit penyakit yang satu ini karena terkena parasit dan virus yang dapat untuk menyebabkan infeksi pada bagian hati sehingga menyebabkan kerusakan dan menyebabkan penyakit pada bagian tersebut. Infeksi tersebut dapat disebabkan karena berbagai faktor dari menyebar melalui urin dan darah, makanan, air yang telah terkontaminasi dengan virus, bahkan juga bisa untuk terkena virus ini karena berhubungan dengan orang yang sedang terinfeksi.

  • Sistem kekebalan tubuh

Faktor penyebab penyakit liver selanjutnya adalah karena kekebalan tubuh penderita. Biasanya penyakit ini terjadi karena komplikasi dengan penyakit lainnya sehingga menyebabkan penyakit yang menyerang hati. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang menderita penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh seperti HIV Aids yang juga akan membuat hatinya rusak dan menderita penyakit hepatitis B. Sehingga dapat berbahaya dan akan sangat mempengaruhi kesehatan dari penderita. Untuk menghindari hal ini tentu saja Anda harus melakukan pola hidup yang sehat dan bersih sehingga tidak mudah terinfeksi atau terkontaminasi dengan mudah dan membuat kekebalan tubuh dapat meningkat.

  • Faktor genetika

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan penyakit hati adalah dari faktor genetika karena kedua orangtua yang mempunyai penyakit ini. Sehingga keturunannya bisa untuk berpotensi yang lebih besar untuk dapat mengalami hal serupa. Hal tersebut karena adanya gen abnormal yang dapat menyebabkan zat yang dapat menumpuk di hati yang dapat mengakibatkan penyakit yang merusak hati. Untuk mencegah faktor ini hanya bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat dan rajin kontrol ke dokter.

  • Faktor lainnya

Dan faktor lainnya yang dapat untuk menyebabkan penyakit liver adalah karena penyebab umum di luar hal genetik dan dapat dicegah. Seperti misalnya penyakit hati ini dikarenakan oleh seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Penyalahgunaan alkohol secara terus menerus akan menyebabkan penyakit yang satu ini. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi alkohol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *