Moms, Makanan Bayi 6 Bulan Ini Selalu Jadi Favorit Loh!

By | December 9, 2018

Senangkah ternyata si kecil sudah memasuki usia 6bulan? Yang artinya si kecil juga sudah siap untuk menerima makanan padat.Tetapi yang dimaksud dengan makanan padat bayi usia 6 bulan tentunya akanberbeda dengan makanan padat orang dewasa. Contohnya, selain biskuit bayi Milna, moms dapat mengolahsendiri makanan yang akan diberikan untuk si kecil dengan baik dan penuh kasihsayang loh. Agar cinta yang tulus dan murni juga ikut pada makanan olahan moms sendiri.

Selain itu, mengolah makanan bayi 6 bulan sendiri akan meminimalkan risiko terjadinya alergi bahkan nutrisinya akan lebih terjaga. Sehingga moms puntentunya akan bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati.

Istilah lain dari makanan padat tersebut adalahmakanan pendamping ASI, atau yang lebih dikenal dengan MPASI. Di mana pemberian ASI oleh moms tetap diberikan yahingga si kecil berusia dua tahun. MPASI memang diberikan setelah bayi berusia6 bulan karenapada waktu usia tersebut, bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri dansudah mulai dapat melakukan beberapa aktivitas setelahnya seperti duduk atau merangkak.

Meskipun ada beberapa jenis makanan atau biskuit bayi yang bernutrisi tinggi yang sudah terjual di pasaran seperti pada tautan berikut ini, https://review.bukalapak.com/mom/bayi-doyan-ngemil-ini-5-rekomendasi-biskuit-bayi-yang-bernutrisi-tinggi-22660, mengolah makanan sendiri untuk bayi Anda akan sangat menyenangkan dan membahagiakan.


Mari kita simak ya, apa saja sih makanan bayi 6 bulan yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Pure Pisang

Seperti yang kitaketahui, bahwa MPASI sendiri sebaiknya tidak langsung diberikan dengan yangberbentuk bubur langsung. Anda bisa tetap gunakan campuran ASI dengan buahpisang untuk dibuat pure. Sebagian besar bayi tak menolak dengan pure buahpisang ini, karena buah pisang juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagitumbuh kembangnya, seperti adanya kandungan vitamin A, asam folat, fosfor, dan juga kalsium.

  • Bubur Pepaya

Tekstur daripepaya sendiri yang lembut dan baik untuk pencernaan, tentunya akan membantubayi untuk mengaktifkan fungsi percernaannya dengan baik. MPASI bubur pepayaini sangat cocok diberikan untuk bayi karena rasanya yang juga manis serta kandungankalsium serta zink yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang bayi. Asam folatnya tentu akan membantu proses perkembangan otak bayi. Bisa dibuatsebagai pure dahulu atau langsung dibuat menjadi bubur pepaya.

  • MPASI Bubur Wortel

Setelah bayisudah lebih dari 6 bulan dan mulai tumbuh gigi, tentunya sudah akan mulaibelajar memakan makanan yang teksturnya lebih keras. Anda dapat memberikan wortel rebus yang kemudian dihaluskan sebagai MPASI. Wortel terkenal dengansumber vitamin A dan mineral yang tinggi, yang baik untuk kesehatan mata danjuga kesehatan kulit.

  • Bubur Kentang

Bila bayi akan dikenalkan dengan rasa gurih, cobalah untuk membuat MPASI bubur kentang. Anda dapat merebus kentang hingga matang lalu dilunakkan untuk dijadikan bubur, dapat pula dijadikan pure dengan penambahan ASI. Kentang juga dimaksudkan untuk mengenal karbohidrat dan sebagai sumber energi loh moms, jadi biar bayi juga akan merasakan kenyang dan dapat beraktivitas dengan baik.

  • Bubur Alpukat

Siapa sih yangtak suka dengan buah alpukat? Moms pastinya juga suka kan? Begitupun denganbayi yang sudah mulai memasuki usia 6 bulan keatas. Pilih buah alpukat yang benar benar matang agar teksturnya juga lembut untuk diberikan. Anda juga bisalangsung menyuapinya dengan cara mengeruk buah alpukat dengan sendok bayi yanglangsung disuapkan. Buah alpukat juga sangat baik untuk motorik dan daya tahan tubuh bayi.

Dari kelima jenis makanan bayi 6 bulan di atas, mana favorit bayi Moms?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *