Obat Alami Mengatasi Gatal-Gatal Yang Benar-Benar Berkhasiat

By | June 5, 2017

Kulit mengalami gatal-gatal bisa membuat aktivitas terganggu. Gatal merupakan salah satu masalah pada kulit yang disebabkan karena kuman, bakteri yang menumpuk pada kulit. Bisa juga disebabkan karena alergi. Banyak yang menganggap gatal adalah masalah yang sepele dan bisa diatasi hanya dengan menggaruknya. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan ruam dan iritasi. Untuk mencegah hal tersebut cara yang paling ampuh dan mujarab adalah dengan menggunakan obat alami.

Obat alami adalah obat yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti buah-buahan atau bagian dari tanaman. Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gatal-gatal yang ampuh dan mujarab yang bisa Anda buktikan sendiri.

Baca juga: Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit

Air Kelapa

Ternyata buah kelapa selain airnya segar dan buahnya sangat nikmat bisa digunakan untuk mengobati gatal kulit akibat alergi. Caranya adalah dengan meminum air kelapa yang masih muda. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi masalah alergi apda kulit. Atau bisa ditambahkan dengan madu. Agar hasilnya efektif minum secara rutin hingga gatal-gatal sembuh.

Daun Mahkota Dewa

Tanaman yang satu ini memiliki segudang manfaat, hampir semua bagian tanaman mahkota dewa bisa digunakan untuk pengobatan. Salah satunya adalah bagian daun yang terbukti berkhasiat mengobati gatal-gatal. Caranya adalah: ambil beberapa lembar daun mahkota dewa, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu giling hingga halus dan balurkan tumbukannya pada bagian kulit yang terkena gatal-gatal.

Daun Kelor

Daun kelor ternyata dapat digunakan sebagai ramuan penghilang gatal yang ampuh. Caranya: campurkan 30 gram daun kelor, 1 siung bawang merah, 5 gram pulosari dan air. Rebus semua bahan alami tersebut sampai mendidih. Setelah mendidih saring kemudian minum air rebusan daun kelor secara rutin sampai gatal-gatal reda.

Daun Biduri Dan Minyak Kelapa

Ramuan untuk mengobati gatal-gatal berikutnya adalah campuran daun biduri dengan minyak kelapa. Caranya, olesi daun biduri menggunakan minyak kelapa di atas api. Jika sudah hangat, tempelkan ke bagian kulit yang gatal. Sebelum ditempelkan daun, bersihkan kulit terlebih dulu.

Kulit Batang Kamboja

Selain bunganya indah, ternyata bagian batang pohon kamboja bisa menyembuhkan gatal-gatal. Caranya, giling kulit batang kamboja hingga halus, lalu balurkan tumbukan kulit batang kamboja tersebut ke bagian kulit yang terkena gatal-gatal.

Selain bahan alami dari tumbuhan, cara mengobati gatal-gatal bisa menggunakan tanah liat. Tanah liat adalah bahan untuk membuat gerabah. Tanah liat bisa bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya: campurkan tanah liat dengan air ke dalamwadah. Lalu oleskan ke bagian kulit yang gatal. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan bersih.

Demikian ulasan obat alami untuk mengobati gatal-gatal. Selain bahan-bahan tersebut masih ada bahan alami lainnya yang berkhasiat mengobati gatal, yaitu: cuka sari apel, daun kemangi, oatmeal dan daun peppermint.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *