Obat Alami untuk Mengatasi Batuk

By | November 30, 2016

Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menjangkit masyarakat, apalagi saat musim hujan atau saat pergantian musim. Penyakit batuk tidak memandang usia, baik anak kecil, dewasa, maupun lanjut usia bisa menderita penyakit ini. Batuk ini tak hanya membuat tenggorokan menjadi sakit dan badan tak nyaman, namun juga bisa mengganggu aktifitas atau pekerjaan yang dilakukan, oleh karena itu, selain menggunakan obat medis yang banyak dijual di apotek, dapat juga menggunakan obat alami untuk mengatasi batuk. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk?

Jeruk Nipis

Jeruk  nipis adalah satu jenis obat alami yang dipercaya untuk menyembuhkan batuk. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak atau batuk tidak berdahak, baik yang disebabkan bakteri atau virus. Cara pengobatan batuk dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan beberapa tetes perasan air jeruk nipis dengan kecap manis atau bisa juga dicampurkan dengan madu. Minum 2 hingga 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Jahe

Jahe dikenal memiliki kandungan zat anti bakteri yang bermanfaat untuk tubuh. Selain berguna untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Selain jahe biasa, bisa juga menggunakan jahe merah, caranya adalah dengan merebus irisan jahe biasa / jahe merah, kemudian airnya diminum dengan tambahan gula sesuai selera. Minum sari jahe ini dua hingga tiga kali sehari.  

Kencur

Selain jahe, bumbu dapur lain yang manjur untuk digunakan sebagai obat adalah kencur. Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus irisan jahe dan irisan kencur, kemudian meminum airnya, namun selain itu juga bisa dengan cara menyesap kencur di dalam mulut layaknya permen, sehingga zat-zat baik dalam kencur bisa masuk ke dalam tubuh dan dapat mengurangi batuk.

Daun Sirih

Cara alami lain untuk menyembuhkan batuk adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara pengobatannya adalah dengan merebus daun sirih dengan irisan jahe, kemudian air hasil rebusan diminum dengan rutin, 2-3 kali sehari.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh biasanya digunakan untuk memasak sayur asam, namun ternyata belimbih wuluh juga berkhasiat untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan memarut 10 buah belimbing wuluh hingga halus, lalu campur hasil parutan dengan air serta garam. Saring, ambil airnya lalu minum dua kali sehari.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang banyak mengandung anti-biotik sehingga mampu mengatasi peradangan pada saluran pernafasan. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok kunyit bubuk dan setengah sendok teh merica bubuk dalam air yang mendidih. Minum selagi hangat sebanyak dua kali sehari.

Obat alami untuk batuk tersebut tentunya sangat mudah ditemukan. Oleh karena itu, sebelum mengobati batuk dengan obat-obat kimiawi, tak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami tanpa efek samping ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *