Obat Alami Untuk Meredakan Sariawan

By | August 14, 2018

Sariawan adalah salah satu penyakit yang mungkin pernah dialami oleh semua orang, tidak memberikan efek yang terlalu berbahaya namun tetap saja harus diobati agar tidak menggangu rutinitas kegiatan. Rasa sakit yang ditimbulkan tentu akan menyulitkan pada saat makan ataupun berbicara. Meskipun sudah ada obat yang bisa menyembuhkan secara tepat namun tidak ada salahnya lho untuk mengetahui tentang obat alami yang bisa juga dijadikan sebagai solusi.

Obat Alami Untuk Meredakan Sariawan

Obat alami bisa menjadi pilihan terbaik karena memang dikenal tidak memiliki efek samping, selain itu obat jenis ini juga lebih mudah untuk ditemukan disekitar kita. Selanjutnya apa saja sih jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sariawan ? mari kita simak daftarnya berikut ini :

  • Probiotik

Bahan yang satu ini termasuk dalam kunci utama untuk menyembuhkan sariawan karena ia mampu untuk menjaga lingkungan tubuh menjadi lebih ramah sehingga bakteri pada tubuh tidak akan bisa berkembang dengan baik. Probiotik bisa ditembahkan dengan yogurt pada saat mengonsumsinya agar bisa memberikan rasa sejuk dan bisa membantu emngurangi rasa geli dan sensasi terbakar yang ditimbulkan.

  • Teh herbal

Teh ini bisa juga dicampurkan dengan bahan obat alami yang lain seperti ramuan herbal untuk mengobati sakit sariawan. Perlu diketahui bahwa masalah sebenarnya dari sariawan bukan terletak pada mulut tetapi justru pada bagian perut, mengapa demikian ? hal ini karena adanya faktor stress pada lingkungan atau makanan yang akan berubah menjadi iritasi pada tubuh dan menyebabkan rasa panas pada perut dan bisa memunculkan sariawan pada mulut.

  • Madu

Madu memang sudah dikenal memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk mengatasi segala macam penyakit, termasuk juga untuk mengatasi sariawan. Madu yang masih mentah dan belum dipasteurisasi dan tidak di filter masih memiliki sifat anti inflamasi hal ini bisa digunakan untuk meredakan peradangan ataupun pembengkakan akibat sariawan. Kalian hanya perlu mengoleskan secara teratur pada luka sebanyak tiga atau empat kali dalam sehari.

  • Baking soda

Untuk mengatasi sariawan kalian bisa berkumur dengan menggunakan baking soda yang memiliki fungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan. Hal ini tentu akan sangat membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin mengganggu pada saat emnguyah makanan.

  • Cuka apel

untuk mengatasi sariawan bisa menggunakan cuka apel, ia mampu untuk membunuh bakteri jahat yang ada di tubuh dan mampu untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Kalian hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

 Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Demikianlah tadi beberapa daftar obat alami yang bisa dijadikan sebagai pilihan selain obat komersil yang sudah ada, nah bagi yang ingin menghindari penyakit ini maka usahakan untuk selalu memenuhi keperluan vitamin c dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *