Obat Berbahaya yang Dilarang untuk Ibu Hamil

By | August 23, 2017

Penggunaan obat-obatan memang diperuntukkan untuk pengobatan atau kesehatan tubuh namun adakalanya beberapa obat memiliki efek samping, khususnya ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini beberapa obat berbahaya yang harus dhindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

Baca juga: Ciri-ciri Obat Berbahaya untuk Melangsingkan Tubuh

  1. Penghilang Rasa Sakit

Obat pereda rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan sehingga harus dihindari. Apabila ibu hamil mengalami sakit kepala, sebaiknya dilakukan pengobatan alami daripada minum obat kimia.

  1. Obat Anti Jamur

Masalah jamur memang kerapkali dialami ibu hami namun jangan mengonsumsi obat anti jamur secara sembarangan.

  1. Obat Jerawat

Selama hamil, biasanya akan terjadi perubahan hormon yang ada di dalam tubuh sehingga menimbulkan jerawat. Akan tetapi jangan sekali-kali minum obat jerawat, lebih baik lakukan perawatan alami dengan menggunakan masker berbahan alami dan menjaga kebersihan wajah agar jerawat sembuh.

  1. Obat Anti Depresi

Obat anti depresi yang dikonsumsi saat hami bisa berbahaya pada janin karena akan meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Apabila mengalami stress, lebih baik ibu hamil banyak melakukan meditasi serta yoga.

  1. Anti Alergi

Saat hamil obat anti alergi juga harus dihindari, untuk mengatasi masalah alergi sebaikya rajin bersihkan rumah, jauhi debu serta makan makanan bergizi untuk memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Obat Anti Mabuk Perjalanan

Apabila sedang hamil, jangan minum obat mabuk perjalanan karena akan berefek buruk pada bayi. Untuk mengatasi mabuk perjalanan sebaiknya gunakan minyak angin yang digosok pada kepala dan leher yang lebih aman untuk ibu hamil.

  1. Obat Tidur

Ibu hamil memang seringkali sulit tidur, akan tetapi jangan mengonsumsi obat tidur karena akan bisa menyebabkan hal buruk bagi janin. Bagi orang biasa saja obat tidur tergolong obat berbahaya apabila tidak diminum sesuai takaran, apalagi untuk ibu hamil.

  1. Herba

Ada beberapa obat yang dipercaya bersifat alami atau herba, akan tetapi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil seperti ginseng, rosemary, dan lidah buaya.

  1. Obat Anti-Inflamasi Nonsterold

Obat jenis ini misalnya seperti asam mefenamat harus dihindari khususnya ketika kehamilan berusia 7 hingga 9 bulan.

  1. Obat Asma Salbutamol

Bagi ibu hamil yang memiliki penyakit asma, sebaiknya tidak menggunakan obat asma salbutamol tapi gunakan obat asma inhalasi yang disemprotkan ke dalam mulut karena lebih aman bagi janin.

  1. Obat Analgesik

Obat jenis ini misalnya antipiretik dan antiplatelet asetosal harus dihindari khususnya ketika usia kehamilan mencapai 7 hingga 9 bulan. Obat ini dapat meningkatkan resiko pendarahan saat proses persalinan dan penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan hipertensi tetap pada bayi.

Itulah obat berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil.Ketika hamil, para ibu sebaiknya tidak mengkonsumsi sembarang obat karena akan berpengaruh pada janin. Sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter apabila ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *