Obat Diabetes Herbal yang Aman Dikonsumsi

By | August 22, 2016

Diabetes merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan kadar gula dalam darah serta kolesterol yang tergolong tinggi. Penyakit diabetes diakibatkan oleh tidak sempurnanya kerja insulin di dalam tubuh. Dimana insulin bekerja untuk memecah sari-sari makanan dan juga lemak cadangan menjadi sumber tenaga yang diperlukan oleh tubuh. Selain pemecahan yang tidak bisa berlangsung maksimal, penderita diabetes juga tidak bisa menyerap gula yang terpecah. Akibatnya terdapat penumpukan gula dalam darah. Oleh karena itu mengkonsumsi obat dari dokter adalah keharusan. Namun beberapa pasien percaya obat diabetes herbal juga mempunyai khasiat penyembuhan yang sama.

Jika tidak ditangani dengan serius akibatnya bisa sangat berbahaya, jenis penyakit ini mampu membuat pembuluh darah tersumbat. Jika penyumbatan terjadi pada jantung maka akan menimbulkan serangan jantung yang bisa mengarah pada kematian. Penyumbatan pada otak juga dapat melumpuhkan kinerja bagian tubuh (stroke). Selain itu, beberapa jenis diabetes dapat berakibat terjadinya amputasi bahkan karena luka kecil. Kejadian ini dikarenakan penyakit diabetes basah tidak mempunyai kemampuan agar luka yang diderita kering.

Diabetes sendiri dapat terjadi dikarenakan:

  • Kegemukan akibat pola hidup yang tidak sehat. Sehingga pemilik bobot tubuh yang tidak ideal disarankan untuk mulai berolahraga dan meninggalkan makanan-makanan junk food.
  • Kebiasaan buruk seperti merokok juga memberikan andil penyakit diabetes menyerang. Sehingga pengurangan kebiasaan ini sangat dianjurkan.
  • Faktor keturunan. Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes patut waspada karena kemungkinan mereka menjadi pengidapnya adalah 6x lebih tinggi.
  • Kerusakan sel pankreas.

Selain penggunaan obat diabetes herbal yang tepat, penderita diabetes dapat menjaga gula darah dan kolesterol dengan menjaga asupan makanan. Mulai mengurangi makanan dengan gula tinggi seperti nasi putih, alternatifnya dapat mengkonsumsi:

  • Oatmeal dari gandum.
  • Buah-buahan yang kaya serat seperti apel, mangga, pir, strawberry maupun jeruk dan anggur.
  • Kacang-kacangan juga baik bagi penderita diabetes termasuk kacang polong, kacang merah dan juga kacang hitam.
  • Sebagai pengganti nasi dapat juga mulai mengkonsumsi umbi. Selain enak, kadar gula dalam umbi-umbian tidak terlalu tinggi sehingga aman.

Baca Juga: Jenis-Jenis Obat Herbal Tradisional dan Manfaatnya

Namun untuk lebih memaksimalkan lagi pengobatan terhadap penyakit ini harus didampingi obat yang telah diracik secara professional. Di pasaran telah tersedia jenis obat diabetes dalam kemasan. Obat-obatan tersebut mengandung beragam jenis campuran bahan herbal yang mampu menekan gula darah maupun kolesterol.

Kandungan yang umum terdapat dalam obat ini diantaranya adalah ekstrak kulit manggis dan daun sirsak. Senyawa dari ekstrak kulit manggis mampu mengurangi resistensi dari insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi stabil. Ekstrak daun sirsak juga mempunyai kelebihan yang tidak bisa diabaikan. Kandungan yang terdapat dalam ekstrak daun sirsak dapat membantu pancreas akan lebih maksimal dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga insulin tercipta dengan lebih maksimal.

Membeli obat herbal tidak perlu takut jika konsumen menjadi konsumen cerdas. Sebelum membeli, ada baiknya menanyakan kepada penjual apakah obat tersebut telah melewati BPOM dan juga bersertifikat halal (khusus muslim). Selain itu, konsumen harus dapat meneliti apa saja kandungan yang terdapat dalam kemasan tersebut, periksa juga kemasan sebelum dikonsumsi. Jangan minum obat yang segelnya hilang ataupun kemasannya rusak.

Makan secara teratur dan konsumsi makanan sehat saja tidaklah cukup. Perlu bantuan dari ahlinya agar tubuh tidak mendadak drop. Mengkonsumsi obat diabetes herbal harus tetap memperhatikan penggunaannya. Jangan sampai karena keinginan untuk sembuh, obatnya diminum secara berlebihan. Nanti bukannya sembuh malah menambah penyakit dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *